10 Jenis Ikan Guppy

10 Jenis Ikan Guppy

10 Jenis Ikan Guppy – Siapa yang waktu masa kecil sering menangkap ikan-ikan kecil yang ada di selokan dan sungai? kalau kamu pernah pasti kamu mengetahui ikan guppy. Ikan guppy adalah ikan hias air tawar yang populer. Warnanya yang cerah dan bentuknya unik membuat banyak kalangan ikan hias tertarik untuk memeliharanya.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Ikan guppy mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1920. Pada awalnya bermanfaat untuk memakan jentik nyamuk malaria, namun seiring waktu semakin banyak peminatnya dan menjadi ikan hias karena keindahan sirip dan warnanya. Ikan guppy pun semakin banyak diperjualbelikan dan jenisnya terus bertambah dari hasil kawing silang.

Ikan yang berasal dari anggota suku Poecilidae ini mendapat julukan juga sebagai ikan seribu. Soalnya ikan guppy sangat mudah berkembang biak. Maka tak heran jika ikan yang satu ini banyak penggemarnya membudidayakan bahkan dari hobi yang biasa kini menjadi peluang bisnis yang terbilang menjanjikan. Namun ikan ini memiliki berbagai jenis.

Jenis-jenis Ikan Guppy

Ikan guppy adalah bagian dari keluarga Pecilidae yang mencakup spesies ikan guppy berikut ini :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Poecilia (Common/Fancy Guppy)

Dicirikan oleh penyebaran globalnya yang luas dan populartitasnya pada kalangan aquarus, ikan guppy umum ini adalah hewan yang tangguh dan mudah beradaptasi serta berkembang biak. Mereka juga terkenal sebagai rainbowfish dan millionfish karena keanekaragaman dan kecenderungannya untuk berkembang biak dengan cepat dalam jumlah besar.

2. Poecilia Wingei (Endler Guppy)

Juga terkenal sebagai endler;s livebearer dan endler guppy, mereka merupakan kerabat dekat guppy umum sehingga mereka mudah untuk dikawin silangkan. Oleh karena itu jika anda ingin menjaga kemurnian masing-masing spesies, anda tidak boleh membiarkan mereka melakukan hibridisasi.

Ikan endler guppy juga berwarna-warni, mudah untuk memeliharanya, dan merupakanikan damai yang bisa hidup dengan diet omnivora. Berbeda dengan ikan guppy umum. Endler guooy jarang tersedia pada toko ikan hias.

3. Micropoecilia Picta (Swamp Guppy)

Berbeda dengan dua jenis ikan guppy lainnya, swamp guppy bukanlah air tawar ekslusif, sebagian besar justru dapat menemukannya pada rawa-rawa pantai dan rawa-rawa payau (swamp guppy berarti gupi rawa).

Jenis-jenis Ikan Guppy Berdasarkan Bentuk Ekor

Berdasarkan bentuk ekornya saja, kita dapat membedakan sekitar 13 jenis ikan guppy Varietas ini adalah hasil dari pemuliaan selektif selama bertahun-tahun, dan daftar ini terus berkembang seiring dengan keberhasilan peternak dalam mengembangakan varietas baru.

1. Veiltai

Guppy veiltail memiliki ekor yang menyerupai trapesium sama kaki. Ekornya dapat memiliki satu warna atau multi warna, sedangkan polanya seperti warna sirip punggung dan sirip perut biasanya memanjang dan mengalir.

2. Triangle-tail

Juga dikenal sebagai delta tail guppy, bentuk ekornya menyerupai segitiga. Guppy triangle tail memiliki ukuran yang mengesankan yang berwarna indah atau menampilkan pola yang menarik. Sirip punggungnya panjang dan mengalir, sirip perutnya biasasnya lebih kecil.

3. Fantail

Guppy fantail memiliki ekor yang tampak dengan yang menyerupai kipas terbuka. Jenis ekor ini sebenarnya khas fancy guppy. Sirip punggungnya dapat memanjang, sirip perut biasanya lebih kecil.

4. Scarftail

Guppy scarftail juga terkenal sebagai guppy flag tail. Bentuk ekor ini jauh lebih sempit pada tepi dibandingkan dengan jenis ekor lainnya, tetapi tetap sama mengesankan dalam hal warna dan pola.

5. Double Swordtail

Guppy double swordtail memiliki bentuk ekor yang unik yang membedakan mereka dengan ikan guppy lainnya. Ekornya sangat mirip dengan ekor ikan swordtail, tetapi memiliki satu ekor yang memanjang. Ikan guppy double swordtail memiliki dua ekor memanjang yang berbentuk seperti pedang pada kedua sisi pangkal ekornya. Saat ekornya hanya memanjang pada sisi bagian atas atau bawah, maka tercipta dia barietas guppy yang berbeda.

6. Top Swordtail

Beberapa guppy swordtail tidak memiliki ekor ganda, sebagai gantinya ekornya hanya memanjang pada satu sisi seperti dalam kasus guppy top swordtail. Yang menampilakan ekor yang memanjang pada bagian atas pangkal ekornya. Dengan hanya satu ujung ekor yang memanjang, ikan terlihat mirip ikan swordtail.

7. Bottom Swordtail

Guppy bottom swordtail adalah versi kebalikan dari guppy top swordtail karena hanya ujung bawah ekor mereka yang memanjang. Tepi ekor yang tidak memanjang sempit dan berbentuk seperti ekor guppy flagtail.

8. Lyretail

Guppy lyretail tidak jauh berbeda dengan guppy double swordtail. Sebenarnya, ini adalah variasi dari guppy double tail. Pada guppy lyretail, ekornya terlihat seperti tidak saling tergantung satu sama lain, tetapi setelah dilihat lebih dekat, Anda bisa memperhatikan bahwa sebenarnya ekornya terhubung oleh membran transparan kecil.

9. Cofertail

Guppy dengan ekor berbentuk dayung ini disebut guppy cofertail dan mereka adalah bagian dari kelompok guppy ekor pendek. Jenis bentuk ekor ini ditampilkan dalam Standar Penilaian untuk Kontes Guppy Dunia.

10. Halfmoontail

Guppy halfmoon tail adalah favorit banyak orang. Ekornya menyembul keluar lebar di pangkalan dan semakin melebar hingga menyerupai setengah bulan. Ini adalah salah satu ekor guppy yang terlihat lebih mengesankan, terutama ketika mereka memiliki perpaduan warna dan bentuk.

Itulah beberapa varietas ekor yang kemungkinan akan Anda temui ketika meneliti bentuk ekor guppy, tetapi daftarnya belum selesai karena peternak terus-menerus menghasilkan bentuk yang baru, masing-masing lebih mengesankan daripada yang sebelumnya.