5 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan

5 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan - Apa yang kamu lakukan jika aplikasi WhatsApp error, tidak bisa mengrim pesan dan tidak bisa untuk chatting

5 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan

5 Cara Mengatasi WA Tidak Bisa Mengirim Pesan – Apa yang kamu lakukan jika aplikasi WhatsApp error, tidak bisa mengrim pesan dan tidak bisa untuk chatting? Pastinya repot juga kan?

Baca juga artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi pengirim pesan ini. Kalian pasti setuju jika aplikasi ini mendapat penobatan sebagai aplikasi yang wajib terinstal oleh para pengguna smartphone karena penting. Yang mana aplikasi ini dapat menggantikan layanan Short Massage Service (SMS) kemudian telfon yang dinilai terlalu mahal.

Selain itu WhatsApp juga lebih efisien, karena dalam satu aplikasi tapi dapat melakukan berbagai hal, dari mulai sekedar berkirim pesan dan telefon. Kemudian bisa juga membuat group serta video call bersama keluarga atau kerabat yang dahulu kala sangat memakan biaya yang tinggi. Sebagai pesan instan yang banyak sekali penggunanya, WA tentu tidak terlepas dari berbagai gangguan yang tidak dapat terkirim ke pengguna lain.

Masalah yang terjadi pada WA bisa saja terjadi karena beberapa faktor, mungkin karena server down atau terbatasnya jaringan data seluler. Oleh karena itu artikel ini akan memberikan tips yang bisa kalian coba untuk mengatasi msalah pada WA yang gagal untuk mengirim pesan.

1. Pembaruan Aplikasi

Umumnya WhatsApp akan meluncurkan beberapa pembaruan untuk aplikasinya di iOS dan Android. Namun pembaruan tersebut berjalan tergantung pada ponsel masing-masing pengguna apakah memperbarui secara otomatis atau manual. Jika pembaruan dilakukan secara manual biasanya beberapa pengguna akan terlupa atau mengabaikan notifikasi pembaruan. Hal ini yang menyebabkan aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan lancar dan menimbulkan beragam masalah. Salah satunya tidak dapat mengirim pesan. Adapun cara mengatasinya tentu pengguna diharuskan untuk segera melakukan pembaruan aplikasi di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Nonaktifkan Mode Hemat Daya

Salah satu penyebab aplikasi WhatsApp tidak dapat mengirim pesan, bisa jadi karena pengguna sedang mengaktifkan penghemat data. Mode penghemat data yang aktif pada ponsel Android atau iPhone menjadi penyebab aplikasi WhatsApp tidak berjalan dengan normal salah satunya pengguna yang tidak dapat mengirim pesan.

Adapun cara mengaktifkannya adalah buka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Penggunaan data > Geser toggle “Data latar belakang” ke kanan. Adapun pengaturan ini dilakukan pada ponsel Android Xiaomi.

3. Membersihkan Cache

Masalah saat WhatsApp kamu error atau pending bisa saja karena maslah cache aplikasimu yang sudah penuh, sehingga kamu perlu membersihkan cache aplikasi tersebut agar WhatsApp kamu kembali normal, Untuk mengecheknya dan membersihkanya juga cukup mudah.

Untuk caranya buka Pengaturan > Aplikasi > WhatsApp > Penyimpanan > Cache. Adapun pengaturan ini dilakukan pada ponsel Android Xiaomi.

4. Kunci Jaringan 4g LTE

Jika kalian merasa jaringan kalian sudah oke namun tetap masih gagal atau pending dalam mengirim pesan, mungkin jaringan kalian yang lemah sehingga menyebabkan seringnya berubah-ubah dalam mengunci sinyal,maka kalian perlu menguncinya.

Berikut cara mengunci jaringan ponsel kalian, pertama masuk ke Setting > SIM dan Jaringan > pilih kartu yang kalian gunakan untuk mengakses data internet > pilih tipe jaringan > LTE/ 4G only.

5. Restart HP

Salah satu penyebab mengapa WhatsApp tidak dapat mengirim pesan bisa jadi karena terdapat bug atau gagal sistem pada aplikasi tertentu.

Untuk mengatasinya dan mengembalikan kinerja sistem seperti semula. Anda dapat melakukan restart ponsel dan kembali mengirim ulang pesan yang sebelumnya tidak terkirim.