5 Danau Mematikan di Dunia

5 Danau Mematikan di Dunia

5 Danau Mematikan di Dunia – Banyak orang menjadikan danau sebagai salah satu destinasi wisata alam favorit. Danau biasanya identik dengan pemandangan yang super indah atau udara yang sejuk. Keindahan panorama alam danau serta suasananya yang menyejukan sering membuat wisatawan betah untuk berlibur ke sana. Danau adalah daerah perairan yang terbentuk secara alami, berupa seperti bak air yang sangat luas. Rata-rata danau memiliki kedalaman yang dangkal dan airnya berasal dari berbagai macam sumber mata air, air tanah, sungai dan air hujan. Kebanyakan danau adalah air tawar,

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Nyatanya tidak semua danau itu indah atau aman sebagai tempat wisata yang sebaiknya tidak didekati oleh manusia. Ada banyak danau yang terkenal sangat berbahaya bahkan dapat memicu kematian jika berada di sekitarnya. Mulai dari danau yang menewaskan ribuan orang dalam semalam seperti danau bekas pembuangan nuklir, danau beracun, bahkan sampai cuaca yang ekstrem.

Kita hanya bisa menikmati pemandangan indahnya saja, dan tidak bisa mendekati ataupun berenang di danau tersebut. Beberapa danau tidak bisa untuk di kunjungi mugnkin memang karena keadaan alamiah danau tersebut yang membuat bahaya manusia. Tetapi ada juga danau berbahaya yang penyebabnya adalah manusia itu sendiri.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Daftar Danau Paling Mematikan

Seperti apakah danau yang memiliki kondisi berbahaya? Berikut adalah lima danau paling berbahaya dari berbagai penjuru dunia yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

1. Danau Nyos (Afrika)

5 Danau Mematikan di Dunia

Danau Nyos telah menelan korban tewas lebih dari 1.746 orang hanya dalam satu malam. Bahkan saking mematikannya, penduduk lokal menyebut Danau Nyos sebagai “The Bad lake” atau Danau Jahat. Danau yang terbentuk sekitar 400 tahun lalu itu sebenarnya merupakan kawah vulkanik dari sebuah gunung berapi.
Oleh sebab itu, danau ini memiliki kadar CO2 yang tinggi, karena terbentuk oleh aktivitas gunung berapi yang ada di bawahnya. Tidak diketahui apa penyebab semburan gas CO2 tersebut, tetapi diperkirakan fenomena ini adalah Erupsi Limnic, salah satu erupsi paling langka di dunia.

2. Danau Natron, Afrika

5 Danau Mematikan di Dunia

Afrika masih punya satu lagi danau paling berbahaya. Namanya adalah Danau Natron. Penampakan danau yang berada di daratan Tanzania Utara, Afrika, memang terlihat cantik. Namun jangan salah, sebenarnya danau ini sangat beracun.
Danau dengan panjang 56 km dan lebar 24 km itu beracun, karena mengandung alkali dengan tingkat PH setinggi 10,5. Bahkan suhu airnya sangat panas, mencapai 60 derajat Celcius. Karena kandungan alkalinya, Danau Natron memiliki kerak berwarna merah, merah muda, atau jingga yang berasal dari mikroorganisme yang hidup di dalam danau tersebut. Saking beracunnya, air Danau Natron mampu membakar kulit dan mata binatang. Bahkan juga dapat membunuh binatang tersebut.

3. Boiling Lake, Republik Dominica

5 Danau Mematikan di Dunia

Boiling Lake adalah danau paling berbahaya di dunia karena suhu airnya yang mencapai 82 hingga 91 derajat celsius. Saking panasnya, danau ini diselimuti awan uap. Wajar saja jika pengunjung yang datang tidak diizinkan memegang air danau.
Kabarnya, danau berwarna biru keabu-abuan yang memiliki kedalaman sekitar 59 meter, panjang 61 meter, dan lebar 76 meter itu terbentuk karena letusan gunung pada zaman dahulu. Adanya magma kuat di dasar tanah membuat air danau tersebut menjadi panas, karena terdapat gas yang berasal dari lelehan lava perut bumi.

4. Danau Karachay, Rusia

5 Danau Mematikan di Dunia

Danau Karachay dikatakan mengandung konsentrasi radioaktif yang cukup tinggi. Sejumlah pihak pernah melakukan percobaan radioaktif pada danau ini. Karachay kerapkali dijadikan sebagai lokasi pembuangan radioaktif sejak tahun 1951. Limbah nuklir juga kabarnya dibuang di tempat ini. Banyak bahaya yang menanti pengunjung danau berjulukan “Karachai” atau “Karachaj” ini. Tingginya zat radioaktif Danau Karachay dapat membuat organ internal menjadi rusak. Berdasarkan informasi yang tersebar, siapapun akan meninggal apabila nekat berdiri selama satu jam dalam danau ini.

5. Danau Kivu, Perbatasan Kongo dan Rwanda

5 Danau Mematikan di Dunia

Danau Kivu terdiri atas 256 kilometer kubik karbondioksida dan 65 kilometer kubik metana. Gas beracun tersebut juga terkandung dalam air danau. Oleh sebab itu, Danau Kivu terus dijauhi manusia karena dianggap berbahaya.

Selain itu Danau Kivu  juga sering sebagai tempat pembuangan radioaktif. Oleh sebab itu, danau ini memiliki banyak sekali kandungan gas yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Gas yang terkumpul dalam danau ini sanggup menewaskan manusia dalam hitungan menit.