5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan – Dengan air yang meliputi lebih dari 70 persen Bumi. Makhluk yang hidup di lautan, sungai, dan danau kita masih banyak yang menjadi misteri dan kemungkinan akan membuat kita terkejut. Banyak mahkluk besar yang hidup pada air laut ataupun pada air tawar yang telah menjadi populer pada kalangan masyarakat.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Keanekaragaman laut tak akan pernah habis untuk dipelajari. Apalagi terdapat biota laut kecil yang terkadang jarang bagi sebagian orang mengetahuinya. Tidak hanya berukuran mini, tetapi juga memiliki bentuk badan yang kenyal layaknya jeli.

Namun makhluk air berukuran kecil tidak begitu terkenal meskipun sama banyaknya tersebar pada perairan bumi. Sulit untuk mempercayainya bahwa makhluk laut yang kecil ini dapat bertahan di kedalaman lautan yang berbahaya dengan adanya berbagai macam pemangsa, bahkan ada yang hidup pada perairan yang tidak layak huni. Berikut adalah lima hewan laut lucu dan menggemaskan yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

1. Sea Sheep

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

Sea sheep atau leaf sheep hanya tumbuh sepanjang 5 hingga 25 mm. Tubuhnya berwarna putih krem dan mirip seperti agar-agar yang tembus pandang dengan bola mata kecil yang menyerupai manik-manik. Benda hitam yang menonjol di kepalanya tersebut merupakan sepasang antena yang berfungsi sebagai penerima aroma dan rasa untuk mencari sumber makanan dan merasakan bahan kimia di dalam air. Makanan utama dari leaf sheep merupakan alga.

2. Gurita Wolfi

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

Gurita ini sudah banyak masyarakat yang mengetahuinya karena video tentang dirinya yang tersebar pada dunia maya. Selain mungil, gurita ini memiliki tingkah yang sangat lucu loh sobat Tentik. Namun, gurita ini hanya mampu tumbuh sekitar 13 cm (sudah termasuk tentakel loh) dengan berat sekitar 28 gram. Gurita ini biasa hidup pada perairan yang hangat dan bersih dikepulauan Cayman. Gurita wolfi ahli dalam hal bersembunyi dan berbaur keberbagai objek yang berbeda.

Untuk mengimbangi ukurannya yang mungil, gurita ini memiliki racun untuk menyuntikan ke mangsanya saat berburu. Yang mana lebih sering memakan hewan-hewan Krustacea seperti udang, kepiting, dan lainnya. Gurita ini pun terkenal sangat pintar loh sobat, yang mana mereka senang mengamati sesuatu dari kejauhan.

3. Kepiting Polong

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

Sesuai namanya, kepiting ini memiliki bentuk tubuh yang bulat dan kecil, mirip seperti kacang polong. Kepiting ini termasuk dalam kategori kepiting terkecil di dunia karena sang pejantan hanya memiliki ukuran tubuh dewasa sekitar 0,8 cm. Sedangkan sang betina biasanya berwarna merah muda, dan jantan berwarna coklat gelap.

Kepiting ini sering disebut oleh beberapa orang sebagai kepiting parasit karena mereka lebih suka hidup pada tubuh hewan moluska, juga sebagai tempat bersembunyi dan makan. Kepiting ini tidak memakan sang moluska, tetapi ia ikut memakan apa yang dimakan oleh sang moluska itu sendiri.

4. Kuda Laut Pygmy

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

Salah satu spresies kuda laut terkecil di dunia yang menjadi hasil temuan baru dari para ilmuwan biologi. Para ilmuwan secara tidak sengaja menemukan hewan mungil nan cantik ini ketika sedang memeriksa terumbu karang pada Samudera Pasifik Barat. Sejauh ini para peneliti telah mengetahui bahwa kuda laut ini memiliki rata-rata panjang tubuh sekitar 1-2 cm.

5. Sea Bunny

5 Hewan Laut Paling Lucu dan Menggemaskan

Hewan terakhir yang bernama Sea Bunny ini memiliki arti Kelinci Laut yang memang benar-benar serupa dengan kelinci darat. SeaBunny memililo beberapa varian yang berbeda, seperti putih, kuning, dan coklat. Struktur seperti telinga yang dimiliki Sea Bunny memiliki fungsi layaknya antera untuk mendeteksi bahan kimia di dalam air dan arah arus laut.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments