5 Ikan Terkecil di Dunia

5 Ikan Terkecil di Dunia

5 Ikan Terkecil di Dunia – Ada bebebrapa jenis ikan dengan ukuran yang cukup mungil. Kebanyakan dari mereka hanya memiliki panjang tubuh 1 cm sampai dengan 10 cm. Bahkan ada juga yang ukuran panjang tubuhnya tidak sampai 1 cm. Pada umumya, spesies ikan kecil ini hidup pada lautan lepas dan panjang dan jarang menemukannya pada sungai. Namun belakangan ini penemuan spesies ikan terkecil dunia yang baru ini berada pada perairan rawa pulau Sumatera.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Untuk kisaran panjang tubuh beberapa jenis ikan ini sebenarnya bisa terbilang masih belum pasti, ini karena hanya beberapa spesimen saja yang sudah terukur. Berikut ini kami akan berbagi info tentang ikan terkecil yang pernah ada di dunia. Jenis-jenis ikan ini akan kami ulas secara urut berdasarkan panjang standar paling minimum ketika mereka sudah dewasa.

Ikan Terkecil di Dunia

Berikut di bawah ini kami sajikan ulasan jenis jenis ikan terkecil di dunia yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Paedocypris Progenetica

5 Ikan Terkecil di Dunia

Ikan yang memiliki ukuran tubuh terkecil di dunia adalah paedocypris progenetica. Penemuan ikan mungil ini hidup oleh para peneliti pada rawa-rawa hutan Pulau Sumatera, Indonesia. Ukuran betina dewasa ikan ini hanya 7,9 milimeter atau kurang dari 1 cm.

Paedocypris progenetica yang ternyata masih satu keluarga dengan ikan mas ini memiliki tubuh tembus pandang hingga organ bagian dalamnya terlihat dari luar. Para peneliti percaya bahwa jenis ikan kecil ini sangat beragam. Diungkapkan juga bahwa rawa-rawa hutan Sumatera sendiri merupakan rumah bagi banyak spesies unik yang tidak ditemukan di tempat lain.

2. Schindrleria Brevipinguis

5 Ikan Terkecil di Dunia

Schindleria brevipinguis adalah jenis ikan sebagai spesies ikan laut. Ikan ini berasal dari kawasan perairan Karang Penghalang Besar Australia dan Karang Osprey di Laut Koral. Ikan schindleria brevipinguis berkelamin jantan dapat tumbuh panjang hingga 7,7 mm dan 8,4 cm betinanya. Sementara panjang maksimum ikan ini diketahui mencapai 10 mm.

Nama lain dari ikan ini adalah stout infant fish. Sebelum ditemukannya kodok paedophryne amauensis pada tahun 2012, schindleria brevipinguis memegang rekor untuk hewan vertebrata terkecil yang diketahui.

3. Trimmatom Nanus

5 Ikan Terkecil di Dunia

Midget Dwarft Goby atau Trimmatom Nanus merupakan spesies ikan laut yang berasal dari Samudar Pasifik Barat dan Samudra Hindia. Spesies ikan ini masuk dalam daftar ikan terkecil di dunia yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 10 mm.

Ikan Trimmatom Nanus biasa hidup pada kedalaman 20 sampai 30 meter, bisa juga di area luar terumbu atau laguna pada kedalaman 5 sampai 35 meter. Sebelum ditemukan Paedocypris Progenetica dan Shindleria Brevipinguins.

4. Dwarf Pygmy Goby

5 Ikan Terkecil di Dunia

Dwarf pygmy goby atau pandaka pygmaea adalah jenis ikan terkecil lainnya yang telah ditemukan di dunia. Ikan ini hidup di perairan payau dan bakau di kawasan Asia Tenggara, seperti di Filipina dan Indonesia. Ukuran rata-rata jantan dewasa ikan ini diketahui hanya 9 milimeter. Ikan dwarf pygmy goby jantan dapat tumbuh hingga 1,1 cm dan 1,5 cm untuk betinanya.

Ikan ini sudah memiliki nama lokal oleh masyarakat Filipina, yaitu bia dan tabios. Awalnya ikan ini ternyata hanya ada pada Malabon, Filipina, tetapi baru-baru ini telah menemukannya pada lokasi lainnya dari Asia Tenggara seperti Pulau Bali, Pulau Sulawesi, Pulau Culion (Filipina), dan Singapura.

5. Neon Goby

5 Ikan Terkecil di Dunia

Neon goby atau elacatinus adalah sejenis ikan gobi laut kecil yang dapat ada pada perairan Samudera Atlantik barat yang hangat, termasuk Karibia dan Teluk Meksiko hingga pesisir Amerika Tengah dan Amerika Latin utara.

Ikan ini umumnya berukuran 2,5 cm dan termasuk salah satu jenis ikan terkecil di dunia. Ikan neon goby memiliki warna tubuh bergaris-garis dan bisa bervariasi untuk setiap spesies.