7 Danau Terbesar di Dunia

7 Danau Terbesar di Dunia7 Danau Terbesar di Dunia – Mungkin bagi sebagian orang yang sering berwisata, mengetahui beberapa danau yang menarik. Namun perlu kalian ketahui juga danau terbesar yang ada di dunia. Seperti yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Danau jadi salah satu fenomena alam yang terdapat di bumi. Terjadinya danau bisa diakibatkan oleh kegiatan vulkanik, tektonik, dan hasil buatan manusia.

Indonesia sendiri terdapat sebagian danau yang lumayan besar. Danau terbesar Indonesia ialah danau Toba seluas 1. 130 km². Tetapi luasnya masih kalah dengan danau-danau yang terdapat di luar negri. Tidak hanya dari segi luas, kedalaman perairan danau pula berbeda sangat jauh.

7 Danau Terbesar

Danau-danau terbesar di dunia ini tersebar pada bermacam negeri serta jenisnya juga bermacam-macam. Berikut ini merupakan 5 danau terbesar yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

Baca juga informasi dan aerikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Danau Kaspia

Banyak orang menyebut danau ini selaku laut, tetapi sesungguhnya ini ialah suatu danau. Tetapi sebab ukurannya yang begitu besar serta meliputi 5 daerah negeri buatnya terkenal dengan Laut Kaspia. Danau Kaspia masuk dalam kawasan negeri Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia serta Azerbaijan. Pasokan utama air laut Kaspia berasal dari Sungai Volga, Ural, Terek, serta Kura.

Laut Kaspia merupakan danau terbanyak dengan total luas permukaan dekat 371. 000 km² serta mampu menampung 78. 200 kilometer kubik air. Volume air tersebut 3,5 kali lebih banyak dari penggabungan 5 danau besar dunia. Titik terdalam danau Kaspia menggapai 1. 025 meter serta menempati posisi danau terdalam ke- 3 dunia.

Danau ini mempunyai panjang 1. 119 kilometer dengan kedalaman rata- rata 211 meter. Danau Kaspia tercantum danau oseanik, yang mana danau yang masuk kedalam jenis danau continental. Terkenal dengan danau oseanik sebab daerah perariar laut kaspia tidak sepenuhnya terletak di atas kerak benuka, tetapi pula terletak pada cekungan oseanik.

Danau Kaspia sudah terdapat semenjak 5, 5 juta tahun yang kemudian serta terbagi jadi 3 bagian, ialah Kaspia utara, tengah serta selatan. Kaspia Utara ialah daerah dengan kedalaman sangat dangkal, setelah itu  Kaspia Tengah sampai Kaspia Selatan.

2. Danau Superior

Danau Superior terletak di wilayah Ontario, Kanada dengan luas menggapai 82. 100 km persegi serta terletak pada ketinggan 183 mdpl. Danau Superior menduduki posisi ke- 2 selaku danau terbanyak di dunia. Rata- rata kedalamannya merupakan 149 m dengan titik sangat dalam menggapai 406 meter.

Titik terjauh danau Superior selama 563 serta lebar 257 kilometer. Danau ini bisa menampung dekat 12. 232 kubik air. Air dari danau Superior mengalir keluar mengarah danau Huron lewat sungai St. Mary serta Soo Locks. Danau ini tercipta akibat pergerakan glasial.

3. Danau Victoria

Danau Victoria jadi danau terbesar ke-3 dunia dengan luas 68. 870 km persegi. Danau ini mencakup 3 negeri, ialah Tanzania meliputi zona 49 persen dari luas danau, Uganda dekat 45 persen serta sisanya 6 persen terletak di daerah Kenya.

Pada danau Victoria ada banyak pulau( 84 pulau) serta sebagian besar terletak di negeri Uganda serta sebagian pulau di Kenya. Danau ini tercantum tipe danau tropis serta mempunyai air tawar. Volumenya menggapai 2. 760 kilometer kubik air serta hendak terisi penuh kala masa hujan. Danau ini relatif dangkal dengan kedalaman rata- rata 40 m serta kedalaman optimal 84 m.

Salah satu perihal yang membuat danau ini populer merupakan sebab keberagaman satwanya, semacam ikan cichlid. Terdapat sebagian hewan lain yang menempati danau ini semacam kuda nil, buaya, berang- berang, kura- kura serta sebagainya.

4. Danau Huron

Posisi ke-4 danau terbesar dunia ialah danau Huron yang terletak di kawasan Ontario, Kanada serta Michigan, Amerika Serikat. Danau ini mempunyai garis tepi laut yang panjangnya menggapai 2. 980 kilometer. Luas danau Huron dekat 59. 600 km persegi serta sebagian besar terletak di Ontario. Kedalaman danau ini menggapai 230 meter sehingga banyak perahu yang berlayar di danau ini.

Panjang danau huron dekat 331 kilometer dengan lebar 295 kilometer. Danau ini tercipta akibat pergerakan gletser. Sumber utama air danau berasal dari Selat Mackinac serta Sungai Saint Mary.

5. Danau Michigan

Danau Michigan ialah danau yang terletak di Amerika Serikat serta menyandang selaku danau ke- 5 terbanyak di dunia. Luasnya menggapai 58. 000 km persegi serta meliputi sebagian negeri bagian semacam Wisconsin, Illinois, Indiana, serta Michigan.

Pada danau ini pula ada pelabuhan yang lumayan besar bernama Pelabukan Chicago. Danau ini jadi salah satu danau yang mempunyai banyak tepi laut sampai pulau. Selain itu, terdapat taman nasional yang kerap berguna buat liburan. Spesies ikan yang hidup pada danau tersebut, semacam salmon, smelt, whitefish sampai walleye.

Panjang danau Michigan dekat 494 kilometer serta lebar 190 kilometer dengan panjang garis luar dekat 2. 575 kilometer. Danau ini tercipta akibat pergerakan glasial serta tersambung ke lautan oleh saluran air serta kanal buatan, semacam Saint Lawrence serta Great Lakes. Danau Michigan menyatu dengan cekungan danau Huron pada sebelah timurnya.

baca pula: Taman Wisata Alam Talaga Bodas- Rekreasi Eksotis

6. Danau Tanganyika

Menempati peringkat ke-6 danau terbesar dunia merupakan danau Tanganyika yang terletak di dataran besar Afrika. Danau ini pula jadi danau air tawar terpanjang dunia. Aliran air masuk berasal dari Sungai Ruzizi, Kalamboo, serta Malagarai.

Selain itu danau ini ialah danau air tawar terdalam ke-2 serta terluas dunia, terlihat dari segi volume air. Cekungan danau Tanganyika meliputi daerah Burundi, Tanzania, Zambia, serta Republik Demokratik Kongo.

Total luas permukaan danau dekat 32. 900 km² serta kedalaman rata- rata 570 m dengan titik terdalam 1. 470 m. Danau ini tercipta dari proses tektonik yang membentuk cekungan yang terisi air.

7. Danau Baikal

Nature’ s Lake merupakan istilah lain buat danau Baikal. Danau terbanyak ke-7 dunia ini tercipta akibat gerakan-gerakan dalam zona pecahan tektonik ataupun terkenal dengan danau rift. Selain itu danau Baikal terletak pada utara perbatasan Mongolia, Siberia serta Rusia.

Danau Baikal ialah danau air tawar tanpa es terbanyak dunia. Pada perairannya ada 20% dari jumlah total air tawar bumi serta jadi danau terbersih.

Dengan luas dekat 31. 500 km² sesungguhnya danau ini jadi yang terbanyak dunia apabila melihatnya dari segi volume yang bisa ditampung. Tidak hanya itu, danau baikal merupakan danau terdalam di dunia. Apalagi jadi danau tertua di bumi dengan umur 25 juta tahun.

Kedalaman rata- rata danau Baikal dekat 744 m dengan titik terdalam 1. 642 m serta bisa jadi lebih dalam apabila terjalin retakan tektonik yang terisi air. Daerah Baikal merupakan daerah terisolasi dari manusia serta diucap Galapagos Rusia. Perairannya jadi habitat untuk fauna air tawar yang bermacam- macam serta sangat jarang di dunia. Sumber utama air danau Baikal berasal dari Sungai Barguzin, Selenge serta Upper Angara.