7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar – Jika kamu pecinta ikan hias air tawar yang jenuh dengan ikan hias kamu yang tenang dan damai. Kamu bisa mencoba memelihara ikan predator yang cukup seru untuk melihat cara agresif saat mereka memakan mangsanya.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Sesuai namanya, ikan predator adalah ikan pemangsa yang bercirikan temperamen semi-agresif hingga agresif, teritorial, berpenampilan menyeramkan (sebagian besar), teritorial, dan punya nafsu makan besar. Meski galak, ikan-ikan ini aman untuk dipelihara di rumah. Dan yang pasti, ikan predator memiliki keindahan yang tak kalah dengan ikan fancy lainnya. Mereka punya perilaku dan pola makan yang menarik, sehingga banyak orang yang jatuh hati pada mereka.

Karakter ikan predator yang agresif menarik perhatian pecinta ikan hias karena membuat akuarium terlihat lebih hidup. Untuk memelihara ikan predator, sebaiknya kamu menyiapkan akuarium berukuran besar. Sebab, ikan ini cenderung tumbuh lebih cepat dari jenis lainnya. Sebelum memutuskan untuk memelihara ikan predator, ada baiknya kamu mengenal karakter berbagai jenis ikannya terlebih dahulu.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Berikut lima rekomensadi ikan predatot air tawar yang bisa anda coba pelihara yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

1. Peacock Bass Monoculus

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

 

Siapa tak kenal ikan peacock bass alias pbass. Ini adalah ikan predator paling populer dan mudah dipelihara. Harga Pbass bervariasi sesuai ukurannya. Pbass berukuran 5 cm ke atas dibandrol dengan harga 15 ribuan. Ukuran yang sedikit lebih besar (8 cm) harganya sekitar 20-25 ribu. Sedangkan ukuran 12-17 cm harganya antara 75-85 ribu rupiah.

2. Belida

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Chitala lopis alias Ikan Belida memiliki bentuk yang unik. Ikan belida Bangkok yang berukuran kurang lebih 10 cm ditawarkan dengan harga 15 ribu, sedangkan ukuran 15 cm harganya sekitar 25 ribu. Ikan belida Jawa harganya sedikit lebih mahal, kisaran 35 ribu (15 cm). Ada banyak variasi ikan belida, seperti belida albino mata merah yang jauh lebih mahal, yaitu 150 ribuan (ukuran kurleb 12 cm). Jenis lain adalah belida hitam yang harganya sekitar 50 ribuan

3. Oscar

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Seperti kurang asik rasanya membuat akuarium ikan predator tanpa ikan oscar. Jenis oscar sangat banyak, tapi untuk permulaan Anda bisa membeli yang paling murah dulu, seperti oscar tiger batik yang kisaran harganya antara 15 sampai 30 ribuan. Oscar tiger batik yang agak besar harganya 75 ribu ke atas, sedangkan oscar albino biasa harganya 20 ribuan.

4. Datz

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Ikan datz disebut juga tigerfish karena memiliki belang seperti harimau. Datz Borneo ukuran terkecil sekitar 4 cm dijual dengan harga 40-50 ribuan. Sedangkan Datz grade tinggi 4 bar atau 3 bar harganya masih di atas satu juta. Datz Sumatra harganya bervariasi tergantung ukuran dan grade, dari 150 ribu hingga 600 ribu.

5. Red Belly Piranha

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Red belly piranha alias piranha juga cukup populer di kalangan penggemar ikan hias predator. Ikan bergigi tajam ini suka dipelihara dalam kelompok dan anakannya bisa dijadikan makanan untuk ikan gabus. Harganya berkisar 10 ribuan untuk ukuran kecil.

6. Palmas

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Ikan predator lainnya yang tak kalah uniknya adalah palmas alias Polypterus endlicheri. Palmas albino ditawarkan dengan harga bervariasi, antara 10 ribu (4-5 cm) hingga 50 ribu (20-30 cm). Jenis lain yang lebih keren seperti palmas ornatus harganya 85 ribu sampai 100 ribu, palmas delhezi 30-50 ribu, sedangkan palmas hitam dan palmas senegalus 10 ribuan. Semakin besar ukurannya, semakin mahal harganya.

7. Jewel Cichlid

7 Rekomendasi Ikan Predator Air Tawar

Daya tarik ikan jewel cichlid adalah warnanya yang indah sehingga membuat akuarium yang dihuninya menjadi berwarna. Agresi ikan ini hanya berbasis di sekitar wilayahnya. Jika kamu ingin memeliharanya bersama ikan lain, pastikan ada cukup ruang dan objek tertentu untuk membangun wilayah di sekitarnya. Ikan pemangsa ini biasanya akan memakan ikan lain yang lebih kecil darinya. Harganya berkisar 20 ribuan untuk ukuran sedang.