Beberapa Outlet Holywings Tutup Permanen

 

Beberapa Outlet Holywings Tutup Permanen

Beberapa Outlet Holywings Tutup Permanen – Pemerintah mencabut izin Holywings usai ramainya kasus promosi minuman beralkohol yang bertendensi SARA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mencabut izin usaha semua outlet perusahaan bar dan kafe Holywings. Hal ini dilakukan karena terbukti melanggar ketentuan. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta. Benny Agus Chandra mengatakan seluruh outlet Holywings Jakarta berjumlah 12 tempat.

Selanjutnya Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan pihaknya menemukan sejumlah pelanggaran yang melandasi rekomendasi pencabutan izin 12 outlet Holywings.

Namun salah satu pelanggaran itu antara lain beberapa outlet Holywings belum memiliki serifikat standar KBLI 56301 jenis usaha Bar yang telah terverifikasi.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Hal ini berdasarkan peninjauan lapangan bersama Satpol PP DKI Jakarta, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta. Dan juga tak lupa Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (DPPKUKM). Dugaan pelanggaran itu juga ditemukan dari hasil pemeriksaan perizinan Online Single Submission Risk Based Approach (OSS RBA).

Izin Usaha Dicabut

Berikut pelanggaran administrasi yang dilakukan Holywings:

1. Pelaku usaha hanya memiliki Surat Keterangan Pengecer (SKP) Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 47221 untuk pengecer minuman beralkohol

2. Dengan ketentuan itu, pelaku usaha hanya dapat menjual minuman untuk dibawa pulang dan tidak untuk diminum di tempat, namun Holywings melakukan penjualan minuman beralkohol untuk minum di tempat

3. Holywings di Jakarta belum memiliki sertifikat standar KBLI 56301 jenis usaha Bar yang telah terverifikasi.  Adapun sertifikat standar KBLI 56301 merupakan Klasifikasi Baku Lingkungan Indonesia yang harus dimiliki oleh operasional usaha bar.

Tutup Permanen di Beberapa Kota

Namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mencabut izin usaha semua outlet perusahaan bar dan kafe Holywings. Berikut daftar outlet yang telah tutup secara permanen :

Semarang

Sedangkan Tempat hiburan Holywings di Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah tutup permanen. Hal ini dilakukan setelah 12 gerai Holywings di Jakarta ditutup oleh pemerintah. Selain itu, pihak Holywings Semarang juga sudah mengumumkan melalui alamat Google Map, jika industri hiburan yang mempunyai puluhan cabang di beberapa daerah itu tutup permanen. Selain itu, pihak manajemen juga menyampaikan penutupan Holywings untuk mencegah kegaduhan di Kota Semarang.

  • Holywings Semarang – Jl. Cendrawasih No.24, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Bandung

Sedangkan Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengungkapkan bahwa 2 outlet Holywings menutup usahanya sendiri. Langkah itu merespons polemik yang sedang menimpa Holywings belakangan ini.

Sementara itu Perwakilan Manajemen Holywings Erik menegaskan bahwa penutupan ini murni merupakan inisiatif dari manajemen Holywings demi menjaga kondusivitas Kota Bandung. Erik juga meyakinkan bahwa penutupan ini dilakukan secara sukarela dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

  • Holiwings Gold – Jl. Pasir Kaliki No.25, Arjuna, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40172
  • Holiwings Bandung – Jl. Karangsari No.10, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161

Jogja

Selain Bandung, restoran Holywings Jogja, yang berlokasi pada tepian Jalan Magelang, Sinduadi, Kapanewon Mlati, Kabupaten Sleman tutup secara resmi , Rabu (29/6/2022).

  • Holywings Jogja – Jalan Magelang km 5,8 No. 55, Kutu Asem, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tangerang

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selanjutnya menjelaskan sudah menggelar rapat dan memeriksa peraturan, izin, dan terkait penyelenggaraan usaha Holywings di Kabupaten Tangerang. Namun beliau mengatakan Pemkab Tangerang sudah memutuskan akan menutup seluruh gerai Holywings Tangerang.

  • Holiwings XYZ – Jl. BSD Raya Utama, BSD, Serpong, Tangerang Selatan
  • Holywings Gading Serpong – Bez Plaza No, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.3, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Kabupaten Tangerang, Banten
  • Holywings Campus Karawaci – Jl. Boulevard Jendral Sudirman 1525 Lippo Village (Unit GF-01, Kec. Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten