Diet Sehat Tanpa Obat-obatan

Tips Diet Sehat Tanpa Obat-obatan

Diet Sehat Tanpa Obat-obatan

Diet Sehat Tanpa Obat-obatan – Memiliki berat badan yang idel dengan tubuh ramping menjadi impian banyak orang. Tidak sedikit yang rela melakukan diet ketat demi mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Ada banyak cara diet sehat yang bisa anda lakukan. Anda juga perlu meminta saran dari dokter, apalagi jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu misalnya diabetes.

Baca juga artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Tak hanya itu ada pula beberapa klinik kecantikan yang menawarkan berbagai perawatan untuk membuat tubuh tubuh ramping. Ada pula berbagai obat pelangsung yang beredat di pasaran dan sering menjadi jalan pintas sebagian banyak orang sebagai cara diet cepat. Padahal cara diet yang instan sebenarnya kurang rekomendasi. Selain tidak sehatm diet dengan cara ini juga sulit untuk melakukannya secara konsisten.

Cara diet yang sehat adalah langkah penting dalam mencapai berat badan yang diinginkan. Tentunya diet sehat ini berbeda dengan diet ketat. Diet Ketat mungkin akan lebih cepat dalam menurunkan berat badan berlebih, tetapi diet ketat ini bisa memberikan resiko yang dapat membahayakan tubuh. Berikut panduan untuk diet sehat yang kami rekomendasikan.

1. Mengatur Porsi Makan

Selain kebutuhan kalori, cara diet sehat lainnya yang perlu diperhatikan yaitu mengatur porsi makan.

Pada saat menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghindari berbagai jenis makanan. Pasalnya, tubuh tetap membutuhnya semua jenis makanan, hanya saja Anda perlu mengatur porsi makan dengan baik.

Idealnya, Anda bisa membagi piring menjadi 4 bagian yang terdiri dari:

  • seperempat untuk daging atau sumber protein,
  • seperempat untuk karbohidrat, dan
  • sisanya sayuran hijau dan berwarna warni.

Intinya, Anda perlu menyesuaikan porsi makan dengan prinsip gizi seimbang. Jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak atau tinggi gula ketika makan malam agar berat badan tidak melonjak drastis.

2. Hindari Stres dan Kurang Tidur

Cara diet sehat selanjutnya yang sebaiknya Anda coba adalah dengan menghindari stres berlebih dan kurang tidur. Dua hal itu dapat meningkatkan hormon stres dalam tubuh sehingga rasa lapar pun meningkat. Artinya, keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak dapat Anda hindari. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Misalnya, lakukan hobi atau kegiatan yang bisa membuat tubuh dan pikiran rileks, menulis jurnal, dan lain sebagainya. Mengatur waktu tidur menjadi lebih awal pun bisa Anda lakukan.

3. Hindari Minuman Beralkohol

Bir adalah salah satu jenis minuman beralkohol yang sebaiknya tidak Anda konsumsi secara berlebih. Sama seperti poin sebelumnya, konsumsi bir dapat menurunkan proses pembakaran lemak sehingga berat badan sulit turun. Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi minuman beralkohol, cobalah untuk mengonsumsi jenis minuman yang lain. Mulai dari wine, dry champagne, atau hard liquor. Meski demikian, Anda tetap perlu mengatur porsi minuman yang Anda konsumsi.

4. Olahraga

Diet sehat yang terakhir perlu Anda lakukan adalah dengan olahraga secara rutin. Olahraga yang dimaksud bukanlah naik tangga kantor atau memilih berjalan kaki menuju kantor, ya. Olahraga untuk menurunkan berat badan benar-benar perlu terprogram dengan baik. Mengutip dari Diet Doctor (dietdoctor.com), Anda perlu olahraga minimal 30 hingga 60 menit per hari. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi sport drink, ya. Jenis minuman itu dapat membuat proses menurunkan berat badan menjadi kurang efektif.