Fakta-fakta Menarik Seputar Hiu Megalodon

Fakta-fakta Menarik Seputar Hiu Megalodon

Fakta-fakta Menarik Seputar Hiu Megalodon – Siapa yang pernah mendengan tentang hiu megalodon? Yap hiu berukuran raksasa yang hidup pada jaman purba. Jika megalodon masih ada sampai sekarang, tentu akan menjadi penguasa lautan yang mengerikan. Mereka sudah lama sekali punah dan ilmuwan mengatakan mungkin telah ditemukan apa penyebabnya setelah selama ini menjadi teka-teki.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Menurut penelitian, Hiu Megalodon (Otodus Megalodon) punah sekitar 3 juta tahun yang lalu. pada fosil giginya mengungkap bahwa megalodon harus berkompetisi sengit dengan hiu putih besar dalam memperebutkan makanan. Pasalnya pada saat itu pasokan makanan seperti paus dan mangsa lainnya mulai menipis. Kemudian ada juga faktor lingkungan seperti perubahan tinggi air laut.

Megalodon kemungkinan berdampak besar terhadap kehidupan laut. Rekaman fosil menunjukkan bahwa hewan ini tersebar di berbagai belahan dunia. Kemungkinan hiu ini memburu mangsa-mangsa besar, seperti paus, anjing laut, dan penyu raksasa. Anak megalodon tinggal di perairan pesisir yang hangat dan di tempat tersebut mereka dapat memakan ikan dan paus kecil. Tidak seperti hiu putih yang menyerang mangsa dari bagian bawah yang lunak, megalodon kemungkinan menggunakan rahangnya yang kuat untuk menembus rongga-rongga di dada dan menusuk jantung dan paru-paru mangsanya.

Baca juga infomasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Fakta-fakta Menarik Hiu Megalodon

Berikut fakta-fakta menarik seputar hiu megalodon yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

1. Ukuran yang Luar Biasa

Hiu megalodon merupakan salah satu hewan terbesar. Hiu prasejarah ini menguasai lauta sekitar 17 juta tahun yang lalu. Megalodon sendiri memiliki panjang hingga 60 kaki. Dengan berat badan sangat besar mencapai sekitar 1,2 ton. Angka ini hanya berhasil dikalahkan oleh paus biru yang beratnya 2 kali dari megalodon. Dengan berat sebesar ini, megalodon membutuhkan sekitar 2,500 pon makanan setiap harinya.

2. Saudara Hiu Putih

Dari fosil megalodon dibuktikan bahwa hiu ini memiliki fosil gigi yang besar. Mirip seperti ikan hiu putih besar.

Keduanya memang tidak memiliki tulang. Namun para peneliti berhasil menyimpulkan dari tulang rahang megalodon jika keduanya ternyata berhubungan.

Meski begitu tetap saja ukuran megalodon jauh lebih besar dari hiu besar putih, yaitu sekitar tiga kali dari ukuran hiu putih besar.

3. Suka Memangsa Paus

Megalodon merupakan hewan pemangsa yang berada di atas rantai makanan. Hewan besar ini sering menyerang mamalia dan ikan besar di lautan. Tidak heran jika makanan utama megalodon ialah mahluk laut yang besar, seperti paus, ikan lumba-lumba atau ikan besar lainnya.

4. Arti Nama Megalodon

Megalodon terkenal sebagai salah satu hewan terbesar di muka bumi. Bukan hanya ukurannya, hiu ini pun memiliki gigi yang amat besar. Giginya berukuran hingga mencapai panjang tujuh inci. Gigi ini dipakai oleh megalodon untuk memakan mangsanya yang merupakan ikan-ikan besar. Tidak heran jika arti nama megalodon sendiri berarti “gigi besar”.

5. Tidak Hidup di Air Dingin

Megalodon suka hidup pada daerah dengan suhu yang hangat. Selama masa hidupnya, hiu ini berburu di semua jenis laut. Selain itu megalodon tinggal hampir di semua benua kecuali Antartika. Tidak heran jika gigi hiu megalodon ditemukan hampir di seluruh bagian dunia. Coba bayangkan betapa mengerikannya hiu ini jika masih hidup saat ini.