Fakta Menarik Air Terjun Niagara

Fakta Menarik Air Terjun Niagara

Fakta Menarik Air Terjun Niagara – Mungkin bagi sebagian orang sudah mengetahui Air Terjun Niagara. Namun untuk sebagian orang juga belum mengetahui seperti apa Air Terjun Niagara. Air Terjun Niagara merupakan salah satu destinasi wisata yang bertempat dalam 2 wilayah negara sekaligus, berada pada perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Pelangi indah yang menarik saat melintas pada saat derasnya air terjun membuat Niagara terlihat sangat menakjubkan untuk menjadikan sebagai tempat berfoto. Banyak juga wisatawan dari berabagai negara maupun lokal yang setiap harinya datang untuk menikmati pemandangan yang menganggumkan dari Niagara.

Air Terjun Niagara memang bukanlah air terjun tertinggi di dunia, melainkan Air Terjun Angle (Angle Falls) sebagai air terjun tertinggi. Selain itu kalian bisa menikmati keindahan Air Terjun Niagara dari kedua negara sekaligus. Pada awal tahun sering terjadi fenomena pembekuan yang membuat air terjun niagara menjadi unik dan lebih menarik para wisatawan. Salah satu penyebab terjadinya pembekuan pada Air Terjun Niagara adalah karena suhunya yang sangat dingin yang bisa sampai -13 derajat celcius. Hal ini pun yang bisa buat beberapa kawasan air terjun yang memiliki tinggi 176 kaki membeku.

Tetapi tidak semua wilayah dari air terjun ini membeku, karena dengan arus yang sangat deras dari pancuran airnya. Maka dengan suhu sedingin apapun tidak bisa membekukan bagian sungai dari kawasan wisata ini. Namun kalian dapat menyaksikan pembekuan pada sekitar area air terjun ini, tentunya menjadi sebuah hal yang jarang sekali kalian dapatkan. Belum lagi dengan suasananya yang sangat berbeda apabila membandingkan dengan musim panas. Walau dingin, namun tidak mengurungkan niat para turis untuk tetap datang ke sana.

Fakta Menarik Air Terjun Niagara

Berikut ialah ulasan fakta menarik seputar Air Terjun Niagara yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. terdiri dari Tiga Air Terjun

Sepintar Air Terjun Niagara merupakan sebuah satu air terjun yang besar, namun Niagara bukan hanya memiliki satu sumber air terjun saja namun terdapat tiga air terjun. Ketiga air terjun ini diberikan nama sesuai dengan ciri khas masing-masing. Berikut nama dan penjelasan dari 3 air terjung Niagara :

  1. American Falls yang sebagian area besar berada pada wilayah negara Amerika Serikat.
  2. Bridal Veil Falls yang berbentuk seperti kain penutup wajah pengantin
  3. Canadian Falls (Horseshoe Falls) yang berbentuk seperti sepatu kuda yang juga banyak orang menyebutnya Canadian Falls karena sebagian area berada pada wilayah Kanada. Dan merupakan air terjun terlebar dan tertinggi dari dua air terjun lainnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 188 kaki atau 57 meter.

2. Memiliki Volume Air Terbesar

Niagara menjadi salah satu air terjun yang memiliki tampunga air terbesar, yaitu sekitar 29 juta atau sekitar 800.000 galon air yang mengalir seriap detiknya dari atas Air Terjun Niagara. Volume air yang besar tersebut tak hanya disebabkan oleh beberapa aliran air sungai yang bermuara pada Sungai Niagara tetapi juga karena kumpulan es yang mencair saat selesai musim dingin. Selain itu ukuran air terjun yang besar dan juga ketinggian air terjun ini juga menjadi salah satu faktor.

3. Menjadi Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air

Air Terjun Niagara merupakan air terjun penghasil listrik dalam jumlah besar bagi Amerika dan Kanada. Stasiun pembangkit listrik tenaga air pertama dibangun di sekitar Sungai Niagara pada tahun 1881.
Pembangkit listrik Sir Adam Beck 1 dan 2 adalah pembangkit listrik yang melayani kebutuhan listrik di Ontario Selatan dan New York. Saat ini, pembangkit listrik di Niagara menghasilkan sekitar 2,4 juta kilowatt tenaga listrik dan merupakan pembangkit listrik tenaga air terbesar keempat di Amerika Serikat.

4. Merupakan Air Terjun Termuda

Meskipun Air Terjun Niagara berusia sekitar 12.000 tahun, air terjun ini dianggap yang termuda dibandingkan dengan keajaiban geografi lainnya yang ada di dunia. Contohnya saja Giant Causeway di Irlandia yang berusia lebih dari 60 juta tahun. Oleh sebab itu, Air Terjun Niagara dianggap sebagai yang termuda.

5. Menjadi Tempat Untuk Bunuh Diri

Selain keindahannya yang begitu memukau, air terjun Niagara memiliki fakta kalau sangat sering menjadi tempat untuk bunuh diri. Setidaknya dari tahun 1856 – 1995 tercatat sebanyak 2.780 kasus bunuh diri pada air terjun Niagara. Jumlah yang cukup banyak dan membuat kita merinding jika membayangkannya. Kebanyakan korban memilih bunuh diri dengan menjatuhkan diri ke dalam pusaran air di air terjun tersebut.

6. Penumpukan Es Saat Musim Dingin

Patinya kalian bisa melihat penumpukan es yang cukup banyak pada area wisata ini. Bagaimana tidak, curah es yang tebal pun terus-menerus datang ke air terjun Niagara. Sehingga sejauh mata memandang, kalian hanya bisa melihat warna putih dengan cuacanya yang sangat dingin. Selain itu penumpukan es pun juga sangat tebal. Terdapat pada beberapa bagian dari kawasan Air Terjun Niagara ini penumpukannya bisa mencapai lebih dari 40 kaki. Tentunya hal ini pun cukup merugikan untuk lingkungan.

Sehingga jangan lupa untuk selalu mengenakan pakaian yang lengkap serta hangat agar tubuh kalian selalu bisa nyaman saat berada di sana. Serta gunakan peralatan yang bisa membuat kalian leluasa, contoh seperti sepatu outdoor dan jaket ourdoor.