Fakta Menarik Seputar Axolotl

Fakta Menarik Seputar Axolotl

Fakta Menarik Seputar Axolotl – Hewan unik bernama Axolotl ini mempunyai nama lain Ambystoma Mexicanum. Nama axolotl sendiri berasal dari bahasa Aztec. Secara bahasa, axolotl adalah gabungan dari dua kata yaitu atl yang berarti air dan xototl yang berarti monster. Axolotl sendiri sesui julukannya “Salamander Mexico”, berasal dari Mexico yang tepatnya berada di Danau Xochimilco. Ia merupakan salah satu hewan air tawar yang bisa menjadikannya hewan peliharaan. Selain itu, orang Mexico juga biasa menyantapnya sebagai makanan dan memiliki rasa yang mirip seperti belut atau ayam.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Hewan axolotl merupakan salah satu spesies amphibi yang berasal dari Mexico, jadi axolotl bukan termasuk dalam spesies ikan. Sayangnya karena perubahan iklim, polusi hingga perburuan, jumlah axolotl pada alam liar kini benar-benar mencapai kondisi yang mendekati masa kepunahan. Hal tersebut terpengaruh karena jumlah tingkat penduduk dan pembangunan daerah perkotaan Mexico. Tak hanya itu, hadirnya hewan-hewan air invasif yang bermunculan di habitat axolotl juga memperburuk kondisi tersebut. Hal tersebut mendorong pemerintah Mexico untuk membangun Axolotl Shelter pada beberapa habitat Axolotl untuk menjaga populasi Axolotl liar.

Fakta Menarik

Meskipun terancam punah, tak sedikit orang yang ingin memeliharanya. Berikut lima fakta menarik mengenai amfibi yang lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam air ini.

1. Memiliki Mahkota

Axolotl atau yang terkenal juga sebagai Mexican Walking Fish ini memiliki tubuh memanjang. Layaknya jenis salamander lainnya Axolotl juga memiliki empat kaki disertai sirip belakang yang membantunya untuk berenang. Axolotl juga memiliki mahkota di kepalanya. Mahkota tersebut adalah insang yang merupakan alat pernafasan dari Axolotl. Mahkota tersebut adalah insang yang merupakan alat pernafasan dari Axolotl.

2. Regenerasi Organ Tubuh

Kemampuan luar biasa yang dimiliki axolotl yaitu dapat mengembalikan bagian tubuh yang yang rusak atau lepas, hampir pada semua hal di tubuh mereka. Termasuk tungkai, rahang, ekor, sumsum tulang belakang, paru-paru dan kulit. Hal ini bisa dilakukannya dalam waktu singkat sekitar beberapa minggu. Axolotl meregenerasi organ-organ tubuh ini tanpa meninggalkan bekas luka di kulit. Bahwa makrofag sebagai salah sel dalam sistem kekebalan tubuh, ternyata berperan besar dalam kemampuan regenerasi yang luar biasa ini.

3. Hewan Noetenik

Neotenik hewan yang mampu tumbuh dewasa dan berkembang biak dengan mengabaikan proses metamorfosis. Axolotl adalah neotenik dan hal tersebut membuatnya tetap mempertahankan beberapa bagian tubuh yang mereka dapatkan ketika masih menjadi larva.

Semakin bertambahnya usia axolotl, hewan ini juga akan mengalami perkembangan paru-paru sama seperti beberapa jenis salamander lainnya. Namun, axolotl tidak akan kehilangan enam cabang insang berbulu yang terdapat di bagian kepalannya dan hal tersebut membuatnya lebih betah untuk tinggal di air.

4. Ritual Kawin

Tepat sebelum berkembang biak, axolotl melakukan ritual tarian antara pejantan dan betina. Ritual tarian ini adalah semacam fase pengenalan untuk kawin.

Ketika seekor axolotl jantan tertarik pada axolotl betina, dia akan menaruh paket-paket sperma di tanah, kemudian mencoba untuk mengarahkan betina tersebut ke arah sana. Saat pejantan mencoba mengarahkan betina ke endapan sperma, mereka bergerak dalam gerakan memutar sambil saling menggosok kloaka satu sama lain.

Jika seekor betina menerima endapan sperma, dia akan mengambilnya dengan kloaka dan pembuahan dimulai. Tarian ini bisa bertahan selama berjam-jam.