Fakta Menarik Seputar Danau Toba

Fakta Menarik Seputar Danau Toba

Fakta Menarik Seputar Danau Toba – Pasti sebagian besar dari kalian sudah mengetahui tentang Danau Toba yang menjadi destinasi wisata yang wajib jika berkunjung ke Pulau Sumatera Utara. Danau ini sudah menjadi ikon yang tak bisa lepas dari provinsi Ibukota Medan ini.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Keindahan Danau Toba dan pemandangan sekililinganya memang menjadi daya tarik untuk wisatawan. Danau yang terbentuk sejak puluhan ribu tahun ini memang memiliki sejuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya. Selain itu Danau Toba memiliki ukuran panjang 100 km, leabar 30 km, dan kedalaman 505 meter. Ukuran tersebut membuat Danau Toba menjadi salah satu danau Terbesar di Indonesia. Selain pesona danau yang indah, ada berbagai cerita rakyat dan mistis yang membuat wisatawan tertarik berkunjung, Tidak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan mancanegara juga antusias mendatangi wisata ini.

Fakta Menarik Danau Toba

Ada banyak sekali pesona Danau Toba yang tidak terkalahkan oleh danau manapun. Muklai dari keindahan alam hingga keunikan lokasi dan masyarakat yang tinggal. Apa saja hal menarik tentang Danau Toba? Yuk simak artikel ini yang sudah ternagkum dari berbagai sumber :

Baca juag informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Danau di Tengah Danau

Pulau Samosir yang terletak pada tengah Danau Toba, mempunyai 2 danau indah di tengahnya yang diberi nama Danau Sidihoni serta Danau Aek Natonang. Danau di atas danau ini telah jadi rahasia universal, terlebih untuk masyarakat setempat. Perihal ini karena keunikan serta kecantikannya. Danau pada zona seluas 3 hektar itu dikelilingi hutan pinus serta perbukitan, dan terletak pada puncak Pulau Samosir, sehingga dapat memandang perairan Danau Toba.

2. Cerita Rakyat

Pasti kamu kerap mendengar tentang cerita seseorang laki- laki bernama Toba yang menikahi perempuan menawan yang bentuk asalnya ikan, bukan? Yup betul sekali, cerita legend ini berasal dari sumatera, tepatnya pada Pulau Toba. Sebagian besar warga setempat yakin kalau Danau Toba berasal dari Toba yang melanggar janji kepada istrinya buat tidak menguak ataupun mengucapkan jati diri sesungguhnya ialah seekor ikan. Sampai pada sesuatu hari sebab kekesalannya terucaplah kata kata“ ikan” kepada anak mereka. Semacam itu ;secuil kisah yang tidak sempat terungkap keasliannya sebab mempunyai sebagian tipe.

3. Tercipta Dari Letusan Gunung

Danau Toba tercipta sebab letusan gunung berapi yang bernama Toba itu sendiri. Letusan gunung yang awal terjalin pada 800.000 tahun kemudian. Letusan ini menciptakan kaldera sisi selatan gunung yang meliputi wilayah Parapat serta Porsea, Sumatera Utara. Pada saat meletus, Gunung Toba memuntahkan larva sepanjang 2. 500 km. Ialah setara dengan 2 kali volume Gunung Everest. Erupsinya Jauh lebih dahsyat serta seram ialah 5.000 kali dari letusan Gunung St. Helens pada tahun 1980 yang terjalin di Amerika Serikat.

Diperkirakan sebab letusan dahsyat gunung ini beruahnya populasi dunia serta kurangi 60% makhluk hidup pada saat itu berikutnya terjalin pergantian hawa di segala dunia berikutnya dipercaya pula sudah mempengaruhi keragaman genetik manusia di Bumi saat  ini.

4. Mempunyai Air Terjun Dengan Panorama Alam Yang Luar Biasa

Sumatera Utara memanglah populer dengan istilah Negara Sejuta Air Terjun, Danau Toba jadi salah satu penyumbang dengan puluhan air terjun menawan di sekitarnya. Satu antara lain, ialah air Terjun Situmurun yang airnya langsung mengalir ke Danau Toba. Dapat bayangkan gak sih seindah apa? Tidak hingga situ aja, kalian pula bisa melihat pulau Samosir yang indah pas terletak di seberangnya.

5. Kaya Hendak Nilai Budaya

Danau Toba ialah habitat ikan Batak yang bernama latin Neolisschosillus Thienemanni. Spesies ikan ini tidak bisa ditemui di tempat lain serta mempunyai nilai sejarah serta keterkaitan budaya dengan suku Batak. Tetapi sayang, dikabarkan populasinya ikan ini terus menjadi terancam kepunahan.

6. Volume Air Bisa Membanjiri Inggris Sedalam 1 m

Danau Toba mempunyai panjang sekiar 100 km serta lebar 30 km, dengan titik terdalam yang sempat diukur menggapai 505 m. Dengan luas sebesar itu bisa menampung volume air yang sangat besar pula. Diperkirakan volume air di Danau Toba bisa membanjiri segala daerah Inggris sampai kedalaman satu m.

7. Danau Vulkanik Terbanyak di Dunia

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbanyak di dunia serta danau terbanyak kedua di dunia sehabis Danau Victoria di Afrika. Dengan panjang lebih dari dari 100 kilometer serta lebar 30 kilometer, serta tercipta sebab dari fenomena vulkanik ialah letusan Gunung Toba berpuluh ribu tahun silam Danau Toba diucap selaku danau vulkanik serta jadi yang terbanyak di dunia mengalahkan Danau Taupo yang ialah danau terbanyak di Selandia Baru.