Fakta Menarik Seputar Gedung Putih

Fakta Menarik Seputar Gedung Putih

Fakta Menarik Seputar Gedung Putih

Fakta Menarik Seputar Gedung Putih – White House atau Gedung Putih menjadi salah satu bangunan yang cukup terkenal dunia. Bagaimana tidak, hampir dari kita semua pasti tahu gedung putih meskipun tidak pernah melihatnya sevara langsung.

Baca juga artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Gedung Putih merupakan bangunan pemerintahan paling terkenal di Amerika Serikat, karena di gedung inilah presiden Amerika Serikat tinggal. Namun seperti bangunan-bangunan bersejarah lainnya, Gedung Putih juga memiliki masa lalu yang cukup mencengangkan. Sudah berdiri sejak 1792, ada banyak lagi sejarang, fakta dan peristiwa menarik pada Gedung Putih.

Pembangunan gedung putih oleh Presideh Amerika Serikat pertama, George Washington. Memulai konstruksinya pada Oktober 1792 dan membukanya pada November 1800. Penduduk Skotlandia, James Hoban, merancang Gedung Putih.Sebelumnya ia memenangkan sayembara merancang Gedung Putih. Inspirasi Hoban dalam merancang gedung setinngi enak lantai ini adalan Leinster House, gedung parlemen Irlandia yang berada di Dublin.

Namun ternayata, presiden Geaoge  Washington satu-satunya presiden yang tidak tinggal di gedung putih, karena pembangunan tumah dinas orang nomor satu Amerika Serikat. Berikut adalah informasi beberapa fakta menarik seputar gedung putih.

1. Penguni Pertama

Walau merupakan gagasannya, namun nyatanya George Washington tidak pernah menghuni Gedung Putih. Penghuni pertamanya ialah Presiden AS kedua, John Adams. Hingga saat ini tercatat ada sepuluh orang yang telah meninggal di Gedung putih, termasuk anak dari Presiden AS ke-16, Abraham Lincoln.

2. Pembakaran Oleh Inggris

Selama Perang 1812, tentara Inggris menyerbu Gedung Putih pada 1814, membuatnya terbakar sebagai pembalasan atas tentara AS yang membakar gedung di York, Ontario. Api benar-benar menghancurkan bagian dalam dan atap bangunan tersebut. Presiden AS ke-empat, James Madison, lalu memerintahkan renovasi.

3. Koki Perempuan Pertama

Koki eksekutif Gedung Putih, Cristeta Comerford, menjadi perempuan pertama sekaligus keturunan Asia yang pernah memegang peran tersebut. Dia mulai bekerja di Gedung Putih sebagai asisten koki pada 1995. Sepuluh tahun setelahnya, dia diangkat sebagai koki eksekutif oleh Laura Bush, dan terus melayani di Gedung Putih pada masa pemerintahan Obama, Trump, dan Biden, hingga sekarang.

4. Tagihan Bulanan Presiden AS

Keluarga presiden yang menghuni Gedung Putih wajib membayar biaya pemeliharaan Gedung Putih setiap bulannya, mulai dari tagihan listrik sampai pesta. Siapa kira orang nomor satu di Negeri Paman Sam harus membayar belanjaannya sendiri? Namun, kebijakan pemerintah AS memang mengharuskan presiden menanggung kebutuhan hariannya sendiri, termasuk belanja makanan.

Istri Presiden AS ke-44, Michelle Obama mengatakan bahwa saat hari pertama menempati White House ia tidak tahu kebijakan tersebut. Sekali waktu, ia pernah meminta buah persik pada staf dapur dan mereka langsung menyajikannya beserta tagihan senilai US$500 atau sekitar Rp7,2 juta.

5.Berhantu

Gedung Putih disebut berhantu. Arwah Presiden AS ke-empat, Andrew Jackson, disebut sering tertawa dan berkata kasar di lorong. Lalu ada penampakan Presiden AS ke-3, Thomas Jefferson, yang sedang bermain biola. Arwah ibu negara Dolley Madison juga disebut menghantui taman Rose Garden.

Sementara itu penampakan Presiden AS ke-26, Abraham Lincoln, disebut muncul jika kondisi negara darurat. Perdana Menteri Inggris, Winston Churchill disebut pernah bertemu arwahnya di kamar mandi, lalu ia mengucapkan salam hormat.