Fakta Seputar Ikan Todak (Sword Fish)

Fakta Menarik Seputar Ikan Todak (sword fish)

Fakta Seputar Ikan Todak (Sword Fish)

Fakta Seputar Ikan Todak (Sword Fish) – Ikan todak merupakan sejenis ikan laut yang rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat berukuran hapir sepertiga panjang badan ikan tersebut. Monvong yang panjang dan kuat digunakan untuk membunuh mangsanya. Ikan ini banyak terdapat pada Samudra Pasifikm Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Todak termasuk dalam golongan ikan yang berenang dengan kecepatan tinggi.

Baca Juga Artikel Dan Info Menarik Lainnya Di : alex-bootlegger

Ikan ini bisa mencapai kecepatan 96 km perjam. Ikkan todak juga sering masuk dalam kategori untuk perlombaan memancing. Nama latin ikan todak adalah Xiphias Gladius. Yang mana banyak terdapat pada perairan tropis dan perairan iklim sedang. Saat makanan ditempat itu sudah habis maka ikan ini akan berpindah ke tempat lain.

Menurut penelitian, ikan todak masuk ke dalam golongan ikan Highly Migratory Secies (HMS) yaitu sebuah kesepakatan Internasional dalam hal konvensi. Ikan todak termasuk hewan berdarah dinginm mereka mempunyai organ khusus dekat dengan mata untuk menghangatkan mata dan otak mereka. Berikut ringakasan mengenai fakta menarik seputar iakn todak.

Kegunaan Pedangnya

Ikan todak merupakan sejenis ikan laut yang rahang atas dan moncongnya memanjang berbentuk seperti pedang pipih dan kuat berukuran hampir sepertiga panjang badan ikan tersebut. Moncong yang panjang dan kuat digunakan untuk membunuh mangsanya. Ikan ini banyak terdapat di Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia.

Kalau kamu berpikir ikan todak menggunakan moncongnya untuk menusuk ikan buruan, kamu salah. Ikan ini akan melecutkan moncongnya ke sana kemari untuk melukai ikan buruan. Dengan cara ini, pergerakan mangsa jadi melambat karena terluka. Baru setelah itu, ikan todak bisa memakannya. Cara ini biasa digunakan untuk memangsa buruan berukuran besar. Kalau mangsanya berukuran kecil, biasanya ia tinggal melahap begitu saja.

Kemampuan Menghangatkan Tubuh

Sebagai ikan pelagis, ikan todak banyak ditemukan berenang di wilayah dekat permukaan air. Kadang-kadang, mereka juga berenang ke kedalaman mencapai 650 meter. Untuk bisa bertahan di temperatur dingin, laman Bio Marine mengungkapkan kalau ikan todak punya jaringan khusus di dekat mata yang mampu menjaga otaknya tetap hangat. Dengan begini, mereka lebih mudah berenang di kedalaman.

Selain itu, jaringan khusus ini juga membuat mereka selalu bisa merespons pada cahaya. Menurut penelitian, temperatur dingin dapat mempengaruhi retina dalam merespons cahaya. Ikan todak perlu menjaga matanya tetap hangat untuk bisa berburu mangsa yang bergerak cepat. Otak yang hangat juga membuat mereka lebih cepat memproses informasi.

Tidak Memiliki Sisik dan Gigi

Selain moncong panjang dan mirip pedang, ikan todak juga punya ciri khas yang tidak biasa yaitu pada ikan bermoncong lainnya seperti billfish. Mereka ompong dan tidak bersisik. Ikan todak akan kehilangan sisik dan giginya begitu mereka beranjak dewasa. Todak yang baru menetas hanya punya sisik sampai ukuran mereka mencapai satu meter, tutur laman Marine Bio. Keunikan ini membedakannya dari ikan billfish dari keluarga yang berbeda.

Memiliki Nama Lain

Hiu mako sirip pendek merupakan predator bagi ikan todak ini. Hiu sirip pendek adalah salah satu binatang laut jarang namun cukup besar dan cepat untuk mengejar dan membunuh seekor ikan todak, akan tetapi kadang hiu itu tidak selalu menang. Kadang saat melawan seekor hiu, seekor ikan todak dapat membunuh hiu tersebut dengan menusuknya di insang atau perut. Ikan todak yang berusia muda sering dijadikan manusia sebagai bahan makanan.