Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal – Bagi para pecinta ikan hias air tawar, pastinya sudah sangat akrab dengan nama ikan arwana yang memiliki daya tarik tersendiri. Hampir setiap pecinta ikan hias di Indonesia memiliki setidaknya satu jenis ikan arwana dalam akuariumnya.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Ikan Arwana merupakan suku kecil ikan air tawar primitif yang masih sering kita temui hingga sekarang. Meskipun bersifat predator seperti kerabat dekatnya ikan Arapaima gigas. Namun ikan ini merupakan ikan yang sangat populer dan juga sangat banyak peminatnya karena warna dan juga bentuknya yang sangat indah. Tingginya minat dan permintaan pasar menyebabkan harga dari arwana juga melangit seiring dengan keberadaannya di alam yang terancam punah.

Kendati demikian, perdagangan ikan arwana tetap boleh secara hukum meskipun status perlindungannya sudah masuk Appendix I CITES. Dengan syarat arwana yang diperdagangkan adalah hasil penangkaran. Adapun kisaran harga arwana sekitar ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung jenisnya.

Ikan arwana termasuk salah satu spesies ikan air tawar yang paling banyak peminatnya, termasuk untuk dibudidayakan karena bernilai ekonomi tinggi ini bervariasi. Harga ikan arwana tergantung jenis, ukuran, dan ciri-ciri yang menjadi daya tarik tersendiri.

Jenis-jenis Ikan Arwana

Apakah anda tertarik untuk memelihara jenis ikan air tawar ini? Sebaiknya kenali dulu beberapa jenis ikan arwana terpopuler, yang menjadi rekomendasi para pecinta ikan arwana dari yang murah hingga yang berharga fantastis berikut ini :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Silver Brazil

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Ikan arwana ini merupakan yang paling sering dijumpai di Indonesia, karena harga terjangkau. Ukuran ikan dewasa bisa mencapai 1 meter (m). Kemampuan unik dari ikan silver arowana adalah ia mampu melompat ke udara dari dalam air untuk menangkap mangsanya, seperti serangga.

Karakteristik dari jenis ikan arwana Brasil adalah bentuk tubuh dan sirip panjang dengan warna silver di seluruh tubuhnya. Jenis ikan arwana ini biasanya ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 1 jutaan.

2.

Silver Brazil

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Arwana Banjar memiliki warna merah level 2, namun tidak tampak seperti ikan arwana merah. Panjang total jenis ikan arwana Banjar bisa mencapai 90 cm. Untuk memelihara ikan Banjar red arowana, membutuhkan kapasitas akuarium besar karena mereka butuh bergerak dan sangat aktif.

Karakter fisik yang paling menonjol dari ikan arwana Banjar adalah warna sirip oranye, ekor yang berwarna kekuningan. Banjar red arowana harganya sama seperti arwana Brasil, yakni Rp 2 jutaan

3. Super Red

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Arwana super red sebenarnya merupakan jenis ikan arwana Asia. Arwana jenis ini punya warna merah yang mencolok dan atraktif, menjadi salah satu peliharaan terfavorit para kolektor. Super red arowana sendiri biasanya dapat menemukannya hidup liar pada sungai Kapuas dan dekat danau di bagian Barat Kalimantan, Indonesia.

Soal harganya, arwana dengan nama latin Scleropages legendrei ini biasanya dibanderol mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 48 juta.

4. Batik Myanmar

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Arwana Myanmar memiliki corak tubuh yang begitu unik nan cantik. Tubuhnya dipenuhi dengan sisik yang berbentuk seperti pola kain batik, itulah alasan mengapa ikan ini juga disebut dengan arwana batik. Warnanya tubuh ikan ini sendiri terlihat dominan seperti warna perunggu yang berpadu dengan warna silver.

Dengan corak yang unik, berbeda dengan semua jenis arwana lainnya, batik arowana dibanderol dengan harga sekitar Rp 56 jutaan.

5. Platinum

Jenis-jenis Ikan Arwana Termurah Sampai Termahal

Arwana platinum adalah ikan arwana tercantik, dan bahkan menjadi ikan dengan harga termahal di dunia yang pernah ada. Platinum arowana memiliki warna tubuh yang begitu memukau dan terlihat mengilap seperti platinum, sesuai dengan namanya. Jika melihatnya dari dekat, kamu akan sangat kagum akan keindahan tubuh ikan ini yang punya tekstur begitu halus.

Dengan tampilannya yang sangat indah itu, tak heran jika arwana platinum memiliki harga yang sangat mahal, bahkan harganya mencapai sekitar Rp 5,7 miliar