Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Membersihkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami – Gigi sejatinya tertutupi oleh enamel, zat terkeras pada tubuh manusia. Meski begitu, gigi tak bebas dari beragam kerusakan yang mengancam. Jika membiarkan plak menumpuk dan mengeras, kalian mungkin beresiko terkena karang gigi. Karang gigi bisa mendatangkan malapetaka pada kesehatan mulut dan menyebabkan penyakit gusi. Itulah mengapa penting untuk memahami cara membersihkan karang gigi dengan tepat.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Kebersihan mulut adalah kunci untuk mencegah karang gigi datang kembali. Setelah karang gigi menyebar dibawah garis gusi, tentu harus kalian bersihkan. Hal itu demi mencegah datangnnya penyakit periodontal dan periodontitis kian berkembang mengakibatkan gigi kedur, bahkan dalam kasus yang lebih lanjut mungkin rontok.

karang gigi adalah plak yang mengeras. Plak sendiri merupakan lapisan bening dan lengket yang terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercambur dengan air liur dan sisa-sisa makanan. Karang gigi dapat muncul pada sela-sela gigi. Semakin gelap warn akarang, itu artinya plak yang menumpuk semakin banyak dan menebal. Seiring waktu, karang gigi yang kalian biarkan terus dapat membuat tampilan gigi jadi tidak menarik untuk dipandang. Bukan hanya itu, kondisi ini pun dapat meningkatkan resiko mengalami berbagai masalah mulut pada kemudian hari. Mulau dari bau mulut, gigi surut, radang gusi (gingivitis), gigi berlubang, hingga penyakit gusi yang serius.

Tips Membersihkan Karang Gigi

Ada beberapa cata yang bisa kalian lakukan untuk merontokan dan maneghilangkan karang gigi yang sudah menebal dan membandel. Berikut adalah tujuh cara yang sudah terangkum  dari berbagai sumber :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Gosok Gigi dengan Soda Kue

Soda kue ataupun baking soda merupakan metode yang nyaman buat melenyapkan karang gigi. Soda kue hendak melenyapkan plak tanpa mengganggu email.

Riset oleh Science Direct, menampilkan kalau pasta gigi yang memiliki soda kue, bisa jadi lebih efisien dalam kurangi jumlah plak di mulut daripada pasta gigi konvensional.

Soda kue juga dapat melindungi dari demineralisasi, ialah proses kimia yang melenyapkan kalsium dari email gigi. Ini sebab baking soda mempunyai pH besar, yang menolong menyeimbangkan tingkatan pH di dalam mulut serta menghindari hilangnya email.

Metode mensterilkan karang gigi ini efisien, sebab mempunyai watak antimikroba yang bisa menghindari kehancuran gigi. Apalagi dalam penelitian lain, menampilkan kalau soda kue bisa secara signifikan kurangi jumlah Streptococcus mutans.

2. Cuka Putih

Metode mensterilkan karang gigi berikutnya dapat mengandalkan cuka putih. Ini ialah cairan asam asetat, yang buatnya efisien dalam menewaskan kuman mulut serta menghindari peradangan.

Metode mensterilkan karang gigi, Kamu butuh menggabungkan 2 sendok makan cuka putih dalam separuh ccangkir air hangat. Tambahkan satu sendok garam serta aduk menyeluruh.

Kemudian berkumurlah dengan kombinasi tersebut sekali satu hari secara tertib, buat melenyapkan karang gigi yang menumpuk di antara gigi serta gusi.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa sangat berguna dalam melindungi gigi. Sebab kemampuannya buat melenyapkan kuman serta tingkatkan kesehatan mulut.

Metode mensterilkan karang gigi dengan minyak kepala lumayan sempurna buat menarik minyak yang tertimbun. Lantaran watak anti- inflamasi serta antioksidannya.

Minyak kelapa pula memiliki asam laurat, asam lemak dengan watak antimikroba. Suatu riset dari National Institutes of Health( NIH), mengaitkan anak muda dengan gingivitis.

Para partisipan periset hadapi penyusutan indikasi gingivitis yang signifikan, dan penyusutan 50 persen pada karang gigi. Para periset yakin itu sebab pengurangan plak gigi. Metode mensterilkan karang gigi dengan minyak kelapa ialah:

  • Hangatkan 1 sendok makan minyak kelapa.
  • Kumur minyak kelapa di dekat mulut sepanjang 5- 10 menit.
  • Ludahkan minyak kelapa ke tempat sampah ataupun handuk kertas. Jauhi menghasilkan minyak kelapa ke wastafel, sebab bisa menutup pipa.

Tidak hanya minyak kelapa, yang efisien yang lain selaku pengganti:

  • Minyak almond.
  • Minyak zaitun.
  • Minyak wijen.

4. Aloe Vera serta Gliserin

Lidah buaya begitu terkenal sebab kaya hendak khasiatnya untuk kesehatan. Apalagi dinilai efisien selaku metode mensterilkan karang gigi.

Lidah buaya hendak menewaskan kuman pemicu karang gigi. Sebab mempunyai watak antimikroba. Ini pula sanggup melawan bau mulut.

Metode mensterilkan karang gigi dengan lidah buaya :

  • Gabungkan separuh cawan baking soda dengan secangkir air.
  • Tambahkan satu sendok makan gel/ daging lidah buaya.
  • Tambahkan 4 sendok makan gliserin nabati serta minyak esensial lemon. Sikat gigilah dengan kombinasi ini.

Metode lain yang dapat Kamu coba, ambil lidah buaya dari daun fresh. Setelah itu gosokkan pada gigi Kamu serta perkenankan sepanjang 10 menit, kemudian dibasuh.

5. Buah yang Besar Vit C

Bila Kamu takut dengan pemakaian cuka ataupun semacamnya di atas. Terdapat alternatif lain yang bagus buat mensterilkan karang gigi, ialah santapan yang kaya vit c.

Buah- buahan semacam lemon serta jeruk ialah sumber vit c yang baik. Terlebih dengan watak sedikit asamnya. Terdapat hendak mendapatkan kalsium serta watak antimikroba dalam satu buah. Metode mensterilkan karang gigi dengan buah:

  • Pakai obat yang luar biasa ini lumayan dengan mengoleskan kulit lemon ataupun jeruk pada gigi serta di dekat garis gusi.
  • Perkenankan aplikasi ini sepanjang 15 menit.
  • Terakhir, dibasuh dengan kumur- kumur air bersih.
  • Berikutnya, Kamu bisa menghancurkan daging buah mentah. Kemudian tambahkan sedikit air serta garam buat membuat larutan pasta gigi.

6. Mempraktikkan Kebersihan Mulut

Metode mensterilkan karang gigi serta plak selanjutnya dengan tertib mempraktikkan kebersihan mulut yang baik. American Dental Association( Terdapat) merekomendasikan menggosok gigi 2 kali satu hari dengan pasta gigi berfluoride.

Apalagi dianjurkan buat mensterilkan dengan flossing ataupun benang gigi sekali satu hari. Flossing di dini hendak melenyapkan sisa santapan serta plak dari sela- sela gigi serta zona yang susah dijangkau.

Sehabis flossing, gosok gigi hendak melenyapkan plak pada permukaan gigi. Sehabis flossing serta menggosok gigi, bilas mulut dengan obat kumur. Ini selaku wujud proteksi ekstra terhadap plak serta karang gigi.

7. Biji Wijen

Metode mensterilkan karang gigi berikutnya memakai biji wijen selaku scrub. Kamu cuma butuh mengunyah segenggam biji wijen, tetapi jauhi menelannya.

Dengan posisi biji yang masih terdapat di mulut Kamu. Kemudian gosok gigi buat menyikat karang gigi. Scrub dengan biji wijen ini menolong mensterilkan bercak dengan hati- hati.