Mengenal Beragam Jenis-jenis Ikan Koi

Mengenal Beragam Jenis-jenis Ikan Koi

Mengenal Beragam Jenis-jenis Ikan Koi – Siapa sih yang tidak mengenal ikan koi? Rasanya seluruh masyarakat dunia dan Indonesia sudah mengenal ikan ini dan bahkan sudah akrab dengan julukan “ikan pembawa hoki”. Namun beberapa orang belum mengerti jenis-jenis ikan koi yang ada di Indonesia.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Salah satu ikan hias yang hingga kini masih banyak peminatnya dan harganya yang cukup stabil, Ikan koi telah lama terkenal sebagai ikan yang mendatangkan keberuntungan. Selain itu ikan koi ini mempunyai warna yang menarik perhatian kolektor ikan hias dan memiliki beragam jenis. Jika berbicara tentang ikan koi, pastinya identik dengan Jepang yang menjadi negara asal-usulnya. Koi berasal dari Niigata yang merupakan salah satu ikonik di Jepang. Nama koi berasal dari kata Nishiki dalam bahasa Jepang yang berarti sesuatu yang indah atau anggun. Bahkan kata koi adalah homofon dalam bahasa Jepang untuk kata lain yang memiliki arti cinta dan persahabatan di Jepang.

Pada periode Heian (794-1185) koi juga sudah populer dan banyak bangsawan Jepang yang memeliharanya. Para bangsawan menikmati memberi makan koi mereka dengan fu. Mulanya memang koi ini dikembang biakkan oleh petani yang membudidayakan ikan mas hitam yang lahir dari ikan mas tersebut adalah ikan mas berwarna cerah dengan sosok mengaggumkan yang lebih menarik dari ikan lainnya.

Jenis-jenis Ikan Koi

Berikut penjelasan jenis-jenis ikan koi beserta harga pasaran Indonesia yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

Bac ajuga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Tancho

Jenis koi Tancho merupakan salah satu jenis koi yang memiliki corak unik layaknya bendera Jepang. Karena ciri khas koi yang saru ini adalah pada bagian kepalanya terdapat warna merah menyala dengan motif yang berbentuk bulat. Sedangkan warna putuh berbentuk tulang dan bersih. Jenis Tancho yang masih mudah untuk menemukannya adalah jenis Tancho Sanke dan Tancho Showa. Jenis Koi Tancho memiliki harga sekitar Rp. 700.000 – Rp 1 juta perekornya.

2. Chagoi

Jenis koi Chagoi memiliki motif polos tapi warnanya sangatlah khas. Sebab hampir seluruh tubuh pada koi yang saru ini berwarna kunging keemasan atau hampir menyerupai kunging kunyit. Sedangkan untuk bentuk siripnya ada motif gelap berpadu dengan warna khasnya. Harga untuk koi ini sekitar Rp. 200.000 – Rp 400.000

3. Showa

Koi jenis Showa ini memiliki bermacam motif dengan warna coklat oranye yang mendominasi, putih, dan hitam. Karena warnanya yang menarik membuat jenis ikan yang satu ini banyak mendapatkan perhatian dari pada kolektor ikan koi. Harga untuk Koi Showa sekitar Rp 1 juta – Rp 3 juta

4. Slayer

Koi ini juga banyak jenisnya, tapi yang paling digemari adalah koi slayer kumpay dan platinum. Untuk harga koi slayer platinum biasanya lebih mahal dari jenis lainnya karena termasuk langka di pasaran.

5. Kohaku

Kohaku terkenal sebagai raja dari semua koi karena merupakan carietas pertama koi yang terkembangkan dengan dua warna yaitu putih (shiroji) dan bercak merah. Mungkin untuk pecinta ikan koi , sudah sangat familiar dengan jenis yang satu ini. Selain itu kohaku mempunyai motif yang menjadi ciri tersendiri pada ikan koi umumnya. Warna corak yang nampak adalah warna oranye kemerah-merahan yang berpadu dengan warna putih tulang yang terang. Harga untuk ikan koi kohaku ini sekitar Rp 500.000 – Rp 1 juta.

6. Sanke

Kalau sebelumnya mempunyai dua warna motif yang menjadi ciri tersendiri untuk ikan koi kohaku, namun untuk jenis ikan koi Sanke punya perpaduan warna motif hitam. Taisho Sanke yang terkenal juga sebagai Taisho Sanshoku, memiliki tiga warna pada tubuhnya yaitu putih, hitam dan warna merah. Ikan ini pun merupakan salah satu jenis koi tertua sehingga banyak para kolektor ikan koi mencarinya. Harga dari ikan jenis ini sekitar Rp 250.000 – Rp 500.000.

7. Ochiba Shigure

Ada satu lagi jenis koi yang memiliki corak menarik, yakni koi Ochiba Shigure yang punya warna kuning keemasan. Selain itu, perpaduan warna putih metalnya akan mengkilap jika dilihat. Jenis koi ini sangat menarik untuk ditempatkan pada akuarium maupun kolam di rumah Anda, hanya dengan menyiapkan bujet sekitar Rp200.000 – Rp.300.000.

8. Shiro Utsuri

Koi Shiro Utsuri memiliki perpaduan warna hitam menyala dengan putih tulang yang sangat elegan. Selain itu bentuk siripnya juga menarik layaknya dengan jenis lainya. Koi shiro utsuri ini menjadi dambaan para kolektor sebab kecantikannya. Biasanya harga koi ini dipasarkan kisaran Rp700.000 – Rp1 juta.

9. Ki Utsuri

Berbeda dengan jenis yang sebelumnya, perbedaan nyata yang nampak memang ada pada corak warna yang dimiliki koi Ki Utsuri ini. Warna kuning menyala dan berpadu dengan warna hitam pekat menyala menjadikan dominasi warna yang berbaur unik . Tak pelak, koi yang satu ini layak dimiliki dengan harga Rp850.000 – Rp1 juta.

10 Hi Utsuri

Masih satu keluarga dengan jenis sebelumnya juga, koi Hi Utsuri ini punya paduan warna oranye dan hitam pekat menyala. Tak heran jika jenis yang satu ini sangat menarik untuk dikoleksi, dengan bentuk yang serupa seperti Ki Utsuri maupun Shiro Utsuri. Biasanya koi jenis ini dihargai Rp950.000 – Rp1,1 juta.

11. Komonryu

Bentuk corak warna yang menarik dari jenis koi Kumonryu yaitu dominasi warna hitam pekatnya hampir ada di seluruh tubuh. Koi ini biasanya dipatok dengan harga mulai dari Rp600.000 – Rp900.000.