Mengenal Jenis Hewan Mollusca

Mengenal Jenis Hewan Mollusca

Mengenal Jenis Hewan Mollusca – Apakah kalian sudha pernah mendengan tentang hewan Mollusca? Mungkin bagi sebagian orang sudah pernah mendengarnya dan mungkin mengetahui seperti apa kehidupan hewan ini.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Ada banyak struktur tubuh hewan yang unik. Salah satunya adalah hewan yang masuk kedalam kelompok hewan bertubuh lunak atau lebih sering menyebutnya dengan Mollusca. Dalam istilah Mollusca muncul dari bahasa Yunani mollucus yang memiliki arti lunak. Asal usul hewan bercangkang yang menarik adalah hewan filum terbesar kedua setelah filum Arthropoda.

Jumlah spesiesnya cukup banyak hingga mencapai 75 ribu jenis dan 35 ribu bentuk fosil. Lokasinya tersebar pada lautan, air tawar, datan, sampai palung dengan penggunungan yang tinggi. Hewan-hewan kelompok mollusca bukan termasuk kelompok hewan yang mematikan namun beberapa diantaranya tetap patut untuk diwaspadai karena biasanya cara bertahan hewan lunak tersebut adalah menyedot atau menghisap musuhnya, termasuk manusia.

Adapun beberapa contoh hewan yang masuk ke dalam kategori mollusca seperti kerang, siputm sotong, dan cumi-cumi. Hewan mollusca tidak hanya berada di daratan, melainkan pula pada perairan. Sama dengan kelompok hewan lainnya, mollusca punya ciri-ciri dan klasifikasi yang unik dan menarik pula untuk menjadi bahan pembelajaran.

Namun sebelum membahas ciri-ciri mollusc, kamu tentunya harus memahami apa itu mollusca terlebih dahulu. Mollusca berasal dari bahasa latin yang memiliki arti lunak. Dari arti katanya saja sudah mengetahui bahwa mollusca adalah hewan yang memiliki tekstur tubuh yang lunak. Mollusca termasuk juga ke dalam hewan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Selain itu hewan mollusca ialah hewan yang memiliki cangkang dan ada pula yang tidak memiliki cangkang. Mollusca merupakan filum terbesar kedua dalam kerajaan binatang setelah filum Arthropoda.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Ciri-ciri Mollusca

Sebagai jenis hewan yang unik karena memiliki tubuh yang lunak, mollusca memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan hewan kelompok lain. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan mollusca yang sudah terangkum dari berbagai sumber :

  • Memiliki ukuran dan tubuh yang beragam
  • Memiliki tubuh lunak dan tidak berongga
  • Merupakan tripoblastik selomata
  • Merupakan hewan invertebrata yang tidak memiliki tulang belakang
  • Hidup pada daratan dan perairan
  • Memiliki cincin syarat yang merupakan sistem syaraf
  • Organ ekskresi berupa nefridia
  • Mempunyai radula (lidah bergigi)
  • Bersifat hewan heterotrof
  • Berkembangbiak secara seksual
  • Mollusca memiliki struktur tubuh yang simetri bilateral
  • Tubuh terdiri dari kaki, massa viseral, dan mineral
  • Merupakan hewan hermafrodit yaitu mempunyai 2 kelamin (jantan dan betina) dalam satu tubuh.
  • Tubuhnya terdiri atas kaki muskular, dengan kepala yang berkembang beragam menurut kelasnya. Kaki yang beradapatasi untuk bertahan di substrat, menggali dan membor substrat, berang atau melakukan pergerakan.

Kategori Mollusca

Setelah membahas ciri-ciri dari mollusca, kalian tentunya harus mengetahi pula kategori dari mollusca. Terdapat lima kategori mollusca, yaitu amphineura, scaphopoda, cephalopoda, gastropoda, dan pelecypoda. Kategori mollusca pastinya berbeda-beda seperti yang akan dibahas berikut ini :

– Amphineura

Amphineura ialahjenis Mollusca yang masih primitif. Ciri fisik dari mollusca satu ini yaitu mempunyai tubuh simteri bilateral. Selain itu memiliki beberapa insang dalam sela mantelnya. Hidup di sekitar panta. Contohnya adalah Chiton

– Scaphopoda

Scaphopoda hidup di laut atau di pantai, mempunyai cangkang yang tajam, berbentuk seperti terompet, mempunyai kaki kecil, di kepalanya terdapat beberapa tentakel, dan tidak mempunyai insang. Contoh: Dentalium Vulgare.

– Gastropoda

Gastropoda merupakan hewan yang memakai perutnya sebagai kaki. Hidupnya di darat, air tawar, maupun di laut. Umumnya Gastropoda mempunyai cangkang. Contoh: Siput.

– Cephalopoda

Cephalopoda memakai kepalanya sebagai alat gerak. memiliki endoskeleton, eksoskeleton, atau tanpa keduanya. Ciri-ciri mollusca satu ini yaitu tubuhnya simetri bilateral. Tubuhnya terdiri dari kepala, leher, dan badan. Contoh: Cumi-Cumi

– Pelecypoda

Pelecypoda mempunyai bentuk kaki seperti kapak yang terletak di anterior. Bilvalvia merupakan hewan bercangkang yang terdiri atas dua bagian. Mempunyai sistem saraf dan otak yang berkembang baik. Hidup di air tawar dan laut. Contoh: Meleagrina (kerang mutiara), Anadonta (kijing), Ostrea (tiram), Panope Generosa (kerang raksasa).

Struktur dan Fungsi Tubuh

Tubuh hewan ini terdiri dari tiga bagian utama, yaitu kaki, massa viseral, dan mantel. Sistem saraf mollusca terdiri dari cincin saraf yang memiliki esofagus dengan serabut saraf yang menyebar. Sistem pencernaannya lengkap, terdiri dari mulut, esofagus, lambung, usus dan anus. Mollusca relatif mirip dengan vertebrata. Hal ini menyebabkan banyak ahli memperkirakan bahwa vertebrata dan moluska masih memiliki kedekatan hubungan evolusi.

Hal ini beralasan karena dengan pernyataan bahwa moluska, terutama Cephalopoda, memiliki otak yang berkembang baik dan beberapa di antaranya terbukti memiliki kemampuan mengingat yang kuat.Inilah ciri-ciri moluska. Namun bagian utama pada mollusca yang terdiri dari kaki, massa viseral dan mantel penjelasannya sebagai berikut :

Kaki

merupakan penjuluran bagian tubuh yang terdiri dari otot-otot. Kaki Mollusca ini berfungsi untuk bergerak, merayap, atau menggali. Sebagian jenis Mollusca kaki digantikan dengan tentakel yang fungsinya dalam menangkap mangsa.

Massa Viseral

yaitu bagian tubuh yang lunak tempat terdapatnya organ-organ tubuh. Massa yang dselubungi oleh jaringan tebal yang disebut dengan mantel.

Mantel

merupakan bagian yang menyelubungi dan melindungi massa viseral. Pada mantel terdapat rongga cairan yang merupakan tempat lubang insang, anus dan cairan hasil ekskresi. Mantel bisa mensekresikan komponen yang membentuk cangkang.