Mengenal Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia

Mengenal Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia

Mengenal Jenis Ikan Paus Terbesar di Dunia – Berbicara tentang ikan terbesar, pastinya kalian sudah mengetahuinya yaitu ikan paus atau lodan. Memang faktanya bahwa ikan paus merupakan ikan laut terbesar yang ada di dunia. Dengan panjang puluhan meter dan berat hingga ratusan ton, ukuran paus memang sangat enakjubkan.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Ikan paus terdiri dari banyak spesies dan setiap spesies memiliki ukuran yang luar biasa besar. Salah satunya adalah paus biru dengan ukuran panjang mencapai 30 meter dan bobot hingga lebih dari 150 ton, tercatat sebagai hewan terbesar di dunia.

Paus sudah hidup sejak 50 juta tahun lalu. Nmaun, mereka baru mengalami evolusi dan menjadi besar pada 3 juta tahun terakhir. Konon fosil menunjukan bahwa paus berasal dari hewan daratan berkuku. Kemungkinan hewan seperti Mesonychid (hewan seperti serigala) yang berangsur-angsur kembali menghuni lautan 50 juta tahun yang lalu. Hewan lainnya yang terduga menjadi paus adalah Ambulocetus, sejenis mamalia seukuran anjing laut yang memiliki panjang 3 meter dan berat 325 kilogram.

Jenis-jenis Paus Terbesar

Beberapa jenis-jenis paus dari yang bersuara tinggi, yang paling besar hingga yang paling langka berikut ini :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Paus Biru

Paus biru mempunyai panjang mencapai 30 meter. Selain termasuk ke dalam spesies paus yang paling besar, paus biru juga merupakan hewan terbesar yang pernah ditemukan di dunia. Adapun berat paus biru ini bisa mencapai 173 ton atau setara dengan berat 33 ekor gajah dewasa. Paus biru dapat ditemukan di samudera atlantik utara dan pasifik utara.

2. Paus Sirip

Selanjutnya ada paus sirip memiliki panjang sekitar 27,5 meter dengan berat sekitar 72 ton. Paus sirip ini memiliki kemampuan berenang yang paling baik dibanding jenis paus lainnya. Hal ini karena dalam sekali tarikan napas, seekor paus sirip bisa menyelam sedalam 457 meter.

3. Paus Kepala Busur

Paus kepala busur punya mulut yang lebar dan tidak mempunyai sirip punggung. Habitat paus ini berada di perairan es Arctic dan Subarctic. Mereka mempunyai panjang sekitar 18 meter dengan berat mencapai 100 ton.

Jenis ini dikenal sebagai balaenamysticetus. Penamaan kepala busur muncul karena rahang tinggi dan melengkung, sehingga terlihat cacat. Ikan paus hitam ini hidup di daerah dingin, yaitu di Artic. Oleh karena itu, mereka memiliki kulit khusus dengan lemak tebal mencapai 45 cm.

4. Paus Sperma

Ikan Paus sperma memiliki kepala berukuran kotak dengan panjang 20 meter dan berat mencapai 56 ton. Spesies paus yang satu ini bisa hidup di banyak lingkungan secara berkelompok. Mereka akan menggunakan sonar yang gelombangnya memantul ke benda-benda di dalam air untuk berburu mangsa.

5. Paus Sikat

Paus sikat atau right whale mempunyai panjang sekitar 14-18 meter dengan lubang sembur berbentuk V dan kulit yang berwarna sangat gelap. Sekarang right whale menjadi salah satu paus yang terancam punah karena jumlahnya yang hanya tersisa sekitar 400 ekor saja.

Ada tiga spesies paus right yang tergabung dalam genus. Semuanya memiliki ciri khas berupa kepalanya yang sangat besar hingga sepertiga ukuran tubuhnya. Berapa besar ukuran paus ini? National Geographic menyebut bahwa panjang mereka bisa mencapai 15 meter dan berat 70 ton.