Mengusir Nyamun Dengan Bahan Alami

Mengusir Nyamun Dengan Bahan Alami

Mengusir Nyamun Dengan Bahan Alami – Hujan saat pergantian musim sering kali membawa wabah penyakit. Salah satunya adalah demam berdarah dengue atau DBD yang disebabkan oleh nyamuk. Selain menjadi gangguan nyata ketika memasuki rumah anda, nyamuk adalah vector dan pembawa penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa anggota keluarga anda setiap saat. Salah satu hal yang membuat populasi nyamuk meningkat karena nyamuk merupakan hewan yang senang hidup pada daerah lembab.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Keberadaan nyamuk juga membuat kita merasa tidak nyaman, bahkan terganggu. Agar rumah bebas dari nyamuk, berbagai langkah untuk membasmi nyamuk dan mencegah penyakit bawaanya tentu harus dilakukan. Udara yang lembab sangat nyamuk gemari. Untuk itu, biasakan untuk membuka jendela pada siang hari agar udara dalam rumah tidak lembab

Selain itu, banyak orang menggunakan obat nyamuk atau semprotan anti nyamuk, koil, atau cairan yang mengandung bahan kimia atau senyawa berbahaya untuk membasmi nyamuk. Cara ini mungkin bisa mengusir nyamuk, tapi dapat menyebabkan masalah pernapasan. Selain berbagai penyakit dan demam, gigitan nyamuk dan serangga jugadapat menyebabkan masalh kulit dan suaranya cukup mengganggu telinga.

Artikel ini di dukung oleh : oddstruments

Cara Mengusir Nyamuk

Kini telah hadir beragam cara untuk mengusir nyamuk, mulai dari cara tradisional hingga bahan kimia dan elektronok. Ini ada cara ampuh mengusir nyamuk yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan dan prefrensi anda. Mari simak artikel ini yang sudah terangkum dari berbagai sumber.

1. Serai

Serai atau sereh merupakan salah satu bahan dapur yang dapat Anda gunakan dengan aman untuk membasmi hewan kecil tersebut. Aroma pekat yang ditakuti nyamuk ini justru memiliki segudang manfaat positif bagi manusia. Salah satunya adalah memancarkan aroma segar yang menenangkan pikiran dikala stress melanda.

Caranya juga cukup mudah, Anda tinggal mematahkan beberapa batang serai dan letakkan pada lokasi yang banyak nyamuk. Jika ingin lebih praktis, Anda dapat mencoba produk minyak dengan kandungan serai yang aman untuk mengoleskannya pada tubuh.

2. Ampas Kopi

Ampas kopi memang terkenal ampuh sebagai pengusir hama serangga, salah satunya diantaranya adalah nyamuk. Pasalnya, ampas kopi memiliki bau menyengat yang tidak disukai banyak serangga.

Supaya ampas kopi tidak terbuang sia-sia, Anda dapat mencoba membakar ampas kopi dan menebarkannya di sekeliling ruangan. Emisi karbon dioksida yang dikeluarkan akan memblokir dan membuat nyamuk kebingungan melacak manusia.

3. Bawang Putih

Anda hanya perlu meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut rumah untuk membuat nyamuk pergi. Jika Anda memiliki anak-anak dan hewan peliharaan, Anda dapat mencoba merebus bawang putih hingga mendidih. Kemudian, Anda tuangkan air rebusan ke dalam botol spray. Setelah itu, Anda bisa menyemprotkannya pada area tempat berkumpul nyamuk.

4. Lavender

Tak hanya memiliki bentuk yang cantik, rupanya tanaman hias lavender dapat berguna sebagai pengusir nyamuk. Tanaman cantik berwarna ungu ini memang memiliki aroma yang menyengat. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena wangi lavender memiliki aroma yang rileks dan menenangkan.

Anda tidak perlu repot-repot mengolah tanaman lavender ini. Caranya cukup Anda taruh ke dalam pot dan biarkan tanaman sebagai hiasan yang mempercantik ruangan. Voila! Rumah menjadi cantik dan terbebas dari nyamuk.

5. Kulit Jeruk

Ternyata kulit jeruk juga bisa sebagai media pengusir nyamuk. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan menjemur kulit jeruk sampai kering. Setelah itu, letakkan kulit jeruk kering tersebut pada tempat-tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk.

Kulit jeruk mengandung beberapa senyawa yang dapat berguna, seperti senyawa limonenepada minyak atsiri. Senyawa limonene terbukti mampu mengusir nyamuk dan pada kulit jeruk terdapat senyawa limonene sebesar 94%.