Monster Laut Terbesar Penghuni Lautan

Monster Laut Terbesar Penghuni Lautan

Monster Laut Terbesar Penghuni Lautan – Pernahkan terbayang olehmu seperti apa hewan terbesar yang pernah ada dalam lautan? Hewan terbesar sudah pasti adalah hewan yang memiliki tubuh sangat besar, bahkan kita cenderung mengaggapnya sebagai hewan raksasa. Jika berbicara hewan raksasa, teringat dalam pikiran sudah pasti dinosaurus yang spesiesnya memiliki ukuran tubuh rata-rata berada diatas 1,5 meter. Bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki tinggi hingga belasan meter dengan berat ratusan ton.

Laut dalam merupakan bagian dari lau yang mana cahaya Matahari kesulitan uuntuk menembus. Masih banyak wilayah laut dalam yang belum terekspos. Tekanan yang tinggi dan sedikitnya cahaya membuat sulit untuk melakukan obbservasi. Terdapat beberapa makhluk hidup yang mampu bertahan hidup pada bagian laut dalam.

Baca informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Berjuta-juta tahun yang lalu, makhluk prasejarah yang paling besar, menakutkan dan paling luar biasa pernah menjadi penguasa bumi tanpa ada yang mengganggu. Dinosarus menguasai bumi selama 135 juta tahun sampai kepunahannya akibat hantaman benda angkasa 35 juta tahun lalu. Seperti beberapa monster laut berikut ini yang pernah menguasai lautan sepanjang sejarah.

1. Shastasaurus

Shastasaurus adalah predator laut yang tampak seperti lumba-lumba modern. Makhluk ini mampu mencapai ukuran besar selama periode Triassic lebih dari 200 juta tahun lalu. Shastasaurus adalah spesies reptile laut terbesar, Hewan ini bisa mencapai panjang 20m, jauh lebih panjang daripada kebanyakan predator laut lainnya. Tapi salah satu makhluk terbesar lautan ini sebenarnya tak begitu mengerikan, makanannya adalah ikan-ikan yang berukuran kecil.

2. Dekosaurus

Jerman adalah tempat penemuan pertama kali mahluk bertubuh reptil ikan yang aneh ini, Dakosaurus, predator yang menempati puncak tangga rantai makanan pada lautan selama sisa jaman Jurassic. Fosil-fosil dakosaurus ditemukan banyak tempat pada seluruh dunia, dari Inggris hingga Argentina. Manusia sering mengait-kaitkan dengan buaya modern, dan bisa mencapai panjang hingga 5 meter. Gigi-giginya yang besar membuarpara ilmuwan yakin bahwa hewan ini merupakan predator puncak pada masanya.

3. Thalassomedon

Thalassomedon adalah spesies pliosaurus yang pengambilan nama dari bahasa Yunani yang berarti “dewa laut”. Sangat beralasan. Mereka adalah predator besar, mencapai panjang hingga 12 meter, dengan sirip sepanjang hingga 2 meter, yang memungkinkannya berenang laut dalam secara efisien sekaligus mematikan. Hewan ini adalah predator puncak selama periode akhir masa Cretaceous , sebelum tempatnya diambil alih oleh predator baru yang lebih besar seperti Mosasaurus.

4. Tylosaurus

Tylosaurus adalah kadal laut , bukan termasuk dinosaurus, Predator laut dalam yang dominan pada jamannya. Hewan ini mempunyai tubuh yang panjang ramping dengan permukaan atas berwarna gelap dan sisi bawah lebih terang, yang menyamarkan keberadaannya dalam air. Binatang ini mengibaskan ekornya ke kanan dan kiri dan sisi lain sewaktu berenang. Tylosaurus memiliki tengkorak yang panjangnya 1,75 m dengan rahang penuh gigi tajam berbentuk kerucut, yang dengan mudah merobek tubuh mangsanya. Biasanya hewan ini makan kerang, plangton dan hewan kecil lainnya tapi dia juga menyukai daging. Pada masa Kretaseus, populasi hewan ini tak begitu banyak.

5. Liopleurodon

Liopleurodon termasuk dalam keluarga Pliosaur (reptil laut dari Periode Jurassic dan Cretaceous), pemakan daging yang memiliki ukuran sangat besar, dengan panjang tubuhnya hingga 10 meter. Raksasa ini memiliki empat kaki yang bentuknya menyerupai dayung yang besar dan kuat, membuatnya menjadi perenang yang baik dengan kecepatan yang luar biasa. Liopleurodon sebagai penguasa laut pada jaman Jurassic dan Cretaceous awal karena termasuk dalam predator terbesar pada masanya.

Artikel ini didukung oleh : oddstruments