Tips Mengatasi Asam Lambung Saat Minum Kopi

Tips Mengatasi Asam Lambung Saat Minum Kopi

Tips Mengatasi Asam Lambung Saat Minum Kopi

Tips Mengatasi Asam Lambung Saat Minum Kopi – Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah melalui proses sangrai dan melalui proses penghalusanmenjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas dunia yang banyak sekali pembudayanya yang lebih dari 50 negara. Dua spesies pohon kopi yang terkenal secara umum yaitu kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffeea Arabica).

Untuk dapat meminum secangkir kopi, biji kopi melalui proses yang cukup panjang, yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan. Kemudian pemprosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong.

Kopi sendiri mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan sendiri merupakan zat yang mampu melindungi dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Namun terlepas dari itu, tak dapat memungkiri bahwa minum kopi juga bisa berdampak buruk juga bagi kesehatan. Misalnya bagi sebagian orang minum kopi dapat menyebabkan asam lambung naik.

Terkait masalah asam lambung yang naik saat atau setelah minum kopi, artikel ini memiliki tips untuk meminimalisir resiko tersebut.

Hindari Hal Ini Untuk Mengatasi Asam Lambung

1. Makanan Pedas

Makanan pedas selalu menjadi daya tarik dan sulit untuk menghindarinya, karena makanan pedas identik dengan selera orang Indonesia. Saat ini banyak olahan makanan pedas yang lezat dan banyak sekali yang menyukainya. Namun pembatasan makanan pedas untuk penderita maag.

Umumnya, rasa pedas datang dari cabai. Bahan masakan yang satu ini mengandung zat yang bernama Capsaocin. Zat ini dapat memperlambat kerja sistem pencernaan. Jika penderita maag mengalami kondisi ini, maka dapat memicu gejala lebih buruk karena proses pencernaan yang lama. Pasalnya semakin lama makanan berada dalam perut, semakin tinggi risiko asam lambung naik.

2. Makanan Asin

Makanan asin juga dapat memicu asam lambung naik. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa makanan yang tinggi garam bisa memicu refluks asam. Umumnya makanan asin dimakan bersama dengan gorengan dan makanan berlemak. Akan tetapi, kondisi ini tidak terlalu berpengaruh pada orang sehat dengan pola makan yang baik. Oleh sebab itu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal ini.

3. Makanan Berlemak Tinggi

Salah satu kelompok makanan yang bisa memicu asam lambung yaitu makanan tinggi lemak. Lemak memang diperlukan tubuh untuk beberapa hal. Namun jika mengonsumsinya dalam porsi besar, makanan berlemak bisa menyebabkan gejala maag. Hal ini terjadi karena lemak bisa melemahkan otot di katup kerongkongan bawah. Kondisi inilah yang mengakibatkan kerongkongan mudah terbuka dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Peristiwa ini membuat seseorang merasakan nyeri dan sensasi terbakar di dada (heartburn).

Selain menyebabkan heartburn, makanan tinggi lemak juga dapat merangkan hormon kolestistokinin. Hormon bisa membuat katup tenggorokan mengendur dan menyebabkan asam lambung naik. Makanan tinggi lemak juga membuat pencernaan bekerjaa lebih lama. Akibatnya, organ lambung selalu penuh dan produksi asam lambung menjadi tinggi.

4. Minumal Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol seperti bir juga bisa memicu maag. Hal ini dikarenakan konsumsi alkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan perut. Akibatnya, lapisan perut menjadi sensitif terhadal asam lambung. Selain itu, minuman beralokohol juga bisa meningkatkan produkasi asam lambung. Maka dari itu, bagi penderita maag, minuman yang mengandung alkohol harus dihindari.

Baca juga tips dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger