Tips Menikmati Hidup

Tips Menikmati Hidup

Tips Menikmati Hidup

Tips Menikmati Hidup – Ketika masalah demi masalah datang silih berganti dalam hidup, rasanya begitu rumit sehingga bisa membuat stress. Namun, betapa menyenangkannya jika kita mengurangi kadar stres dengan membuat perubahan kecil, sederhana tetapi efektif dalam hidup.

Mengelola stres dengan baik juga bisa meningkatkan imunitas tubuh, apalagi pada masa sekarang saat ada ancaman terjangkit virus corona. Pada saat seperti ini mungkin ada beberapa orang yang merenungkan arti hidup yang telah mereka jalani. Bisa jadi anda juga memprotes diri sendiri karena menjalani hidup yang sama sekali tak bermakna.

Ketika sedang kesusahan cenderung menginginkan punya banyak uang agar bisa menikmati hidup. Kita lantas bekerja keras siang dan malam untuk mengumpulkan uang dan harta sampai lelah. Namun, ketika harta dan uang sudah terkumpul, kita justru merasa hampa.

Untuk membuat hidup lebih menyenangkan mungkin setiap orang memiliki cara masing-masing. Dan untuk yang ingin menikmati hidup saat ini, cara-cara mudah dan sederhana bisa membantu membuat hidupmu lebih tenang dan bermakna.

1. Mulai Bersyukur Dalam Hal Kecil

Tips yang klasik memang, tapi cara ini terbukti efektif membuat pikiran terasa lebih ringan dan hidup lebih riang.

Jika selama ini yang kamu pikirkan hanya masalah yang selalu datang, ini saatnya kamu kesampingkan hal itu. Letakkan sebentar masalahmu di sudut terjauh pikiran dan mulailah mensyukuri kenikmatan yang kamu miliki, sekecil apa pun. Seperti halnya setiap orang hidup pasti punya masalah, begitu juga setiap kehidupan pasti ada nikmatnya. Bersyukurlah untuk nikmat tersebut, meski hanya udara segar dan matahari pagi, atau sekadar bisa bangun esok hari.

2. Hindari Rasa Iri Hati

Sifat buruk tentu akan mendatangkan hasil yang buruk. Beberapa sifat buruk seperti iri hati, dengki, maupun serakah dapat mendatangkan masalah bukan hanya terhadap hubungan dengan orang lain namun juga kualitas Kejiwaan.

Sifat serakah, cemburu dan iri terhadap kepemilikan maupun pencapaian orang lain justru akan membuat jiwa tidak pernah puas. Akibatnya, Anda akan terus merasakan khawatir berlebihan terhadap hidup dan tak dapat menikmati hidup apa adanya.

3. Kurangi Berpikir yang Tidak Perlu

Memikirkan sesuatu di masa mendatang sama sekali tidak salah dan tidak dilarang. Lain halnya jika kamu justru mengabdikan sepenuhnya pikiran Anda untuk memikirkan masa mendatang yang belum tentu terjadi.

Pikiran yang umumnya dipenuhi oleh prasangka buruk ini jika terus dibiarkan dapat menimbulkan pikiran negatif yang buruk bagi kesehatan mental. Berpikir berlebihan terhadap sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu perlu dikhawatirkan akan membuat Anda menjalani hidup tidak bahagia.

4. Bersikap Realistis

Jangan mudah berekspektasi terlalu tinggi pada orang lain. Bagaimana pun juga, menaruh harapan yang terlalu tinggi pada seseorang akan membuat kita merasa kecewa jika tidak sesuai dengan harapan kita. Berpikirlah realistis, jangan membebani hidup sendiri dengan berkespektasi dan menggantungkan kebahagiaan pada orang lain. Jalani hidup ini dengan apa adanya.

5. Luangkan Waktu

Semakin dewasa, urusan terasa semakin banyak. Rasanya seolah-olah waktu 24 jam tidaklah cukup. Bila perlu, jumlah jam dalam sehari harus ditambah jadi 30 dan hari dalam seminggu jadi 10. Meski demikian, sebenarnya itu hanyalah ilusi. Selama hidup, urusan tidak akan pernah berhenti ada. Maka dari itu, menemukan waktu luang untuk bersantai adalah skill yang harus kamu miliki.

Batasi waktu kerja dan waktu bersosialisasi, lalu alokasikan waktu untuk me time dan bersantai. Ini akan membantumu menjalani hari-hari yang penuh dengan rutinitas dan berbagai kepentingan.