Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat

Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat

Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat

Tips Menyeduh Teh Agar Nikmat – Selain kopi, teh adalah minuman yang banyak juga digemari pada masyarakat Indonesia. Karena pembuatan yang relatif mudah, aroma yang sedap, hingga khasiatnya yang membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Konon, minum teh telah menjadi budaya turun-termurun sejak abad ke-17.

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

Setiap orang pasti memiliki kesukaan teh yang berbeda-beda. Ada yang menyukai teh kental dan pekat, ada juga yang suka teh ringan. Beragam varian teh juga hadir, mulai dari teh tubruuk hingga teh celup. Tradisi minum teh sendiri beradaptasi sejak lama sebagai penghilang penat mampu mambantu ketengangan diri.

Menyambut hari atau sebaliknya menikmati sor, sudah jelas sangat nikmat sembari menyeduh teh. Ini adalah bagian dari banyak ritual pagi dan harian jutaan orang di seluruh dunia. Setiap orang harus menikmati sevangkir teh yang sempurna setiap hari dan belajar cara menyeduh teh yang tepat. Seseorang berhak mendapatkan secangkir teh yang benar-benar sempurna setiap harinya. Memilih campuran teh favorit adalah awal sangat baik dalam cara menyeduh teh yang nikmat.

Hal yang Harus di Perhatikan

1. Pemilihan Teh

Pertama yang harus kamu perhatikan tentunya memilih teh yang akan diracik atau diseduh. Pilihlah jenis teh terbaik agar khasiatnya bisa maksimal dan bisa lebih nikmat saat meminumnya, baik teh tubruk maupun teh celup.

Teh terbaik dapat didefinisikan bahwa minuman teh dengan penampilan yang lebih baik, warna, aroma serta rasa secara keseluruhan.

2. Air

Jika sudah mendapatkan jenis teh terbaik yang akan kamu gunakan, selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah kandungan air yang akan digunakan dalam menyeduh teh.

Mineral dan oksigen pada air merupakan dua kandungan yang akan mengangkat teh dan membuatnya berkualitas. Namun, saat ini sudah susah sekali menemukan jenis air terbaik yang masih memiliki dua kandungan tersebut.

Sebagai salah satu Tea Master, Oza mengatakan bahwa akan percuma jika kualitas teh nya sudah bagus, tetapi air nya jelek. Sebab air itu ibunya teh, 97% kandungan teh itu isinya air.

3. Alat-alat untuk Menyeduh

Terakhir yang terpenting adalah peralatan untuk meracik teh. Gunakan saringan dan wadah yang pantas untuk menyeduh teh.

Hampir sama dengan peralatan meracik kopi, peralatan meracik teh biasanya terbuat dari bahan keramik atau kaca, karena kedua jenis tersebut bersifat netral dan baik untuk teh.

Jika ketiga hal tersebut sudah kamu siapkan, kini saatnya kamu meracik teh buatanmu sendiri. Eits! Ketika teh buatanmu sudah jadi, jangan langsung diminum ya.

Langkah Pembuatan Teh

1. Panaskan Air

Langkah pertama adalah memanaskan air untuk menyeduh teh. Suhu air yang digunakan sedikit berbeda untuk jenis teh yang berbeda. Co-founder Pieces of Peace lainnya yang bernama Joe menyebut bahwa membutuhkan suhu untuk menyeduh teh merah misalnya, adalah sekitar 100 derajat celsius alias air mendidih. Sementara suhu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh seperti teh hijau atau green tea tidak boleh terlalu panas, yakni hanya sekitar 70 derajat celsius saja. Biasanya suhu tersebut terdapat pada air panas dispenser.

2. Seduh Teh

Jika sudah, baru benar-benar tuang air panas untuk menyeduh teh dalam gelas. Tuang air panas dengan gerakan tangan memutar. Pastikan air mengenai setiap bagian teh.

3. Tuangkan ke Dalam Gelas

Terakhir, biarkan seduhan beberapa saat, lalu tuang teh ke dalam gelas saji. Pemilihan gelas yang kecil cukup untuk sekitar satu hingga dua kali menyesap. Teh pun siap dinikmati selagi masih hangat.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan khasiat dari minum teh untuk ketenangan diri dan bisa meminumnya lebih nikmat. Selamat mencoba!