Tips Public Speaking Yang Baik dan Benar

Tips Public Speaking Yang Baik dan Benar

Tips Public Speaking Yang Baik dan Benar – Mungkin bagi sebagian orang melakukan public speaking terlihat sebagai hal yang mudah untuk melakukannya. Namun kenyataanya cukup sulit untuk menyampaikan sesuatu. Misalnya berupa ceramah, pidato, storytelling, atau prestasi sebuah tugas kuliah. Kemampuan komunikasi ini sangat penting untuk memilikinya dalam dunia pekerjaan dan pendidikan. Namun, banyak orang mengalami demam panggung atau gugup dan takut saat akan melakukan public speaking.

Artikel ini di dukung oleh : https://juarampo.co/

Pada saat berada pada dunia kerja, nantinya ada waktunya kamu harus berbicara langsung di hadapan banyak orang seperti misalnya presentasi. Oleh sebab itu sebaiknya pelajari tips public speakung yang baik sejak bangku sekolah menengah. Mengapa kemampuan public speaking bisa mendukung kemjuan pekerjaan dan karir. Sebab ketika bekerja nanti kamu akan dan harus melakukan kerjasama dengan pihak lain sehingga tentu saja komunikasi yang bagus sangat dibutuhkan.

Public speaking merupakan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain agar bisa memahami maksud dan tujuan yang hendak kamu sampaikan. Kunci kesuksesan dari kemampuan public speaking adalah percaya diri. Kamu harus percaya bahwa kamu mampu dalam menyampaikan ide serta gagasan secara verbal pada hadapan publik.

Tips Public Speaking

Jika kamu berminat untuk melatih kemampuan public speaking yang baik, kamu bisa menyimak ulasan berikut ini :

Baca juga informasi dan artikel menarik lainnya di : alex-bootlegger

1. Kuasai Dulu Materinya

Tips public speaking yang pertama yaitu dengan mempelejari lebih dulu apa materi yang akan kamu sampaikan. Setelah mempelajarinya kamu harus benar-benar mengerti dan memahami materi tersebut. Dengan menguasai apa yang menjadi materi pembicaraan maka rasa grogi yang kamu rasakan akan berkurang. Kamu bisa lebih percaya diri dengan apa yang harus disampaikan kepada audiens. Jika perlu kamu bisa membuat cattan yang berisi tentang poin-poin penting dari materi tersebut agar tidak lupa saat berbicara nantinya.

2. Jaga Interaksi Dengan Audiens

Ketika kamu melakukan public speaking usahakan agar interaksi dengan audiens selalu terjaga. Jaga kontak mata dengan audiens agar terbentuk komunikasi yang baik. Kalau kamu merasa gugup saat menatap mata audiens bisa mengakalinya dengan memandang pada bagian sekitar mata. Contohnya seperti dahi atau hidung, namun jangan terlalu lama. Usahakan untuk membenruk komunikasi dua arah dengan sesekali bertanya kepada audiens terkait dengan materi yang kamu sampaikan tersebut.

3. Sesuaikan Audiens Dengan Acaranya

Cara berikut untuk belajar public speaking adalah berlatih bicara dengan materi dan bahasa yang sesuai dengan audiens kamu. Misalnya kamu berbicara di depan teman satu kelas tentunya berbeda ketika kamu harus presentasi di depan guru. Selain itu lihat juga acara seperti apa kamu berbicara, apakah acara santai , semi formal atau formal. Gunakan bahasa, istilah, dan juga materi yang sudah kamu sesuaikan dengan jenis acaranya.

4. Ambil Jeda Sebelum Bicara

Tips public speaking lainnya agar lebih lancar berbicara di depan orang banyak yaitu dengan mengambil jeda dulu sebelum memulainya. Kebanyakan orang apalagi pemula yang belum terbiasa melakukan public speaking akan merasa gugup saat pertama kali berdiri di hadapan orang banyak.

Agar rasa gugup itu berkurang kamu sebaiknya tidak langsung berbicara. Ambil jeda beberapa menit untuk mengambil napas panjang dan menenangkan diri. Setelah kamu merasa lebih tenang dan rileks baru mulai untuk berbicara kepada prang banyak.

5. Menggunakan Seni Berbicara

Bicara datar tentu akan membosankan, bukan? Oleh karena itu, gunakanlah intonasi yang bervariasi dan tidak monoton. Pastikan artikulasimu jelas dan tidak terdengar seperti menggumam. Gunakan juga penekanan pada kata-kata tertentu agar audience memahami maksud dan emosi yang kamu sampaikan.

6. Bicaralah Untuk Memberi

Apapun tujuanmu saat melakukan public speaking, ingatlah bahwa sebenarnya tujuan utamamu adalah menyampaikan ide dan gagasanSaat akan mulai berbicara, luruskan niatmu bahwa kamu berbicara untuk memberi informasi atau bahkan menginspirasi para pendengar. Berikan pengetahuan baru bagi mereka sehingga mereka lebih tertarik dan memperhatikan materi yang kamu sampaikan.

7. Pahami Poin-poin yang Akan Disampaikan

Kamu gak harus menghapalnya per kalimat, cukup pahami saja poin-poin pentingnya. Membuat PowerPoint atau mind-mapping juga akan sangat membantumu. Kamu hanya perlu membuat garis besar dari materi yang akan disampaikan, pahami, dan kembangkanlah dengan gaya bahasamu. Kenali pula urutan dari poin-poin tersebut agar penyampaian materi runtut dan mudah dipahami.

8. Gunakan Bahasa Tubuh

Bukan hanya perkataan lho, yang memberi arti, tetapi gerakan tubuh dan ekspresi wajah juga. Pastikan bahwa gerakan tubuhmu selaras dengan apa yang kamu sampaikan dan hindari gerakan tubuh yang menunjukkan bahwa kamu sedang merasa nervous. Selain itu, gerakan tubuh juga akan membantumu rileks dan tidak kaku saat bicara.

9. Berinteraksi Dengan Audience

Kamu tidak sedang bicara sendiri, maka usahakan untuk melakukan kontak mata dengan mereka. Jadikan audience sebagai bagian penting dari public speaking-mu. Apresiasi mereka dan beri pertanyaan ringan. Bangun ketertarikanmu dengan audience dan mereka pun akan tertarik denganmu.

10. Hindari Kata Pengisi

Filler word atau kata pengisi adalah kata yang biasa digunakan saat sedang berpikir atau grogi untuk mengisi kekosongan. Kata-kata seperti “hmm”, “eeh” dan sebagainya inilah yang harus dikurangi bahkan dihilangkan. Sekali atau dua kali masih terdengar wajar, namun jika dilakukan berulang-ulang tentu akan menggangu. Jadi, berlatihlah untuk mengurangi kata-kata tersebut. Kamu bisa beri jeda 1 atau 2 detik untuk mengisi kekosongan.